Seda Raga

Seda Raga | disebutkan adalah suatu upacara yadnya yang merupakan rangkaian dari upacara mediksa untuk menjadi seorang Brahmana yang dapat memimpin suatu upacara pitra yadnya.

Tujuan dari upacara ini, dijelaskan :
  • Untuk menghilangkan pengaruh buruk sad ripu.
  • Mengetahui jalan ke nirwana / swah loka sehingga bila jadi Sulinggih, nanti bisa menuntun atma-atma yang diupacarai dalam prosesi upacara Pitra Yadnya dan juga bisa menasihati mereka, yang disebutkan pada lontar dengan istilah ngentas atma. 
  • Jadi seorang sulinggih, kalau belum melalui upacara seda raga ini, belum boleh muput (atau memimpin) sebuah upacara Pitra Yadnya. 
Dalam sumber kutipan tersebut, juga diceritakan sesuai dengan pengalaman sendiri dari Bhagawan Dwija, nama - nama tempat perjalanan setelah mati adalah :
Dan setelah menyembah Bhatara Kawitan, kemudian diseret lagi oleh Sang Dorakala, lalu dibuang ke sebuah jurang yang gelap, setelah melayang-layang beberapa saat, lalu samar-samar didengar suara Nabe dan kemudian menjadi bangkit kembali.

Disebutkan pula, bahwa total perjalanan tersebut selama10 jam dimana dalam tutur kuranta bolong diceritakan sang Ruh naik ke atas tandu. Ada dua Kala yang datang dan membantu menggotong tandu itu.
***