Pages

Memuat...

Tri Rna

Tri Rna merupakan tiga hutang yang mesti dibayar sehubungan dengan keberadaan kita lahir di dunia ini, adapun Tri Rna tersebut adalah :
  1. Dewa Rna, hutang kepada Ida Sang Hyang Widhi dalam manifestasinya sebagai para dewata yang telah memberikan anungrahnya kepada setiap mahluk.
  2. Pitra Rna, hutang kepada para leluhur termasuk orang tua, sehubungan dengan kelahiran kita serta perhatiannya semasa hidup.
  3. Rsi Rna, hutang kepada para sulinggih, pemangku dan para guru lainya atas bimbingannya selama ini.
Hutang – hutang tersebut kemudian dibayar dengan yadnya, yang kemudian diaplikasikan dengan Panca Yadnya. adapun cara pembayaran tersebut adalah:
  1. Dewa Rna, dibayar melalui Dewa Yadnya dan Bhuta Yadnya.
  2. Pitra Rna, dibayar dengan Pitra Yadnya dan Manusa Yadnya.
  3. Rsi Rna, dibayar melalui Rsi Yadnya.
Sesuai dengan agama dan tradisi di Bali, masyarakat Bali Hindu sesungguhnya manusia yang penuh ritual agama yang terbungkus dalam Panca Yadnya. Ritual agama itu dilakukan terhadap manusia Bali Hindu,
  • dari sejak dalam kandungan, 
  • dari lahir sampai menginjak dewasa, 
  • dari dewasa sampai mulih ke tanah wayah untuk dapat mencapai moksa.
Demikian disebutkan dalam dokumen, Upacara Panca Yadnya – dalam kehidupan masyarakat Bali Hindu. Forum diskusi jarinngan hindu nusantara di facebook.

Selain itu sebagaimana disebutkan Keberadaan Pura Dang Kahyangan yang sarat dengan sejarah para Maha Rsi tidak bisa dilepaskan dari ajaran Rsi Rna sebagai salah satu bagian dari ajaran Tri Rna ini.

***