Aja Were

Nyama

Nyama (Nyame) artinya saudara atau keluarga dalam Bahasa Balinya. Dimana disebutkan :

  • Menyama Braya sebagai konsep ideal hidup bermasyarakat di Bali.
  • Saudara kandung yaitu mereka akan hadir bersama di setiap acara suka ataupun duka.
  • Krama Tamiu yaitu orang-orang atau warga pendatang yang hadir di Bali.
  • Semeton sebagai jalinan kekerabatan;
  • Nyame dauh tukad, nyame selam dll.
Dan dengan mengenal salah satu konsep Panca Nyama Bratha & Dasa Nyama Bratha yang ada di Bali disebutkan hendaknya dapat dilaksanakan untuk mencapai kesempurnaan dan kesucian lahir bathin.

Sehingga sikap sopan santun disebutkan sangat diperlukan sebagai norma pergaulan sehari-hari sebagai bagian dari aspek kehidupan antar pribadi dalam kehidupan bermasyarakat (pleasantliving together), baik dalam hal berbicara maupun bertingkah laku.

Dalam kitab Slokantara 25 (51) menyebutkan;
Paro'pi hitawam bandhurbandurapyahitah parah,
ahito dehajo wyadhir hitamaranyamausadham.

 Artinya :

Walau orang lain tetapi bermaksud baik adalah keluarga. Walau keluarga tetapi kalau bermaksud jahat adalah orang lain. 

Seperti halnya penyakit, 
walaupun timbul dari diri sendiri tidaklah menyenangkan, sedangkan daun obat-obatan walaupun dari hutan asalnya, sangatlah dihargai.
Maksudnya, 
walaupun seseorang itu adalah orang asing bagi kita, tetapi jika ia selalu membahagiakan kita, ia dapat dianggap sebagai keluarga. 

Sebaliknya, walaupun ia itu masih keluarga, tetapi selalu menyakiti kita dan tidak pernah memberi kelegaan hati, ia dapat dianggap sebagai orang asing. 
Seperti halnya penyakit yang meskipun berasal dari diri sendiri tetapi ternyata sangat membahayakan kita, anggaplah ia musuh

Di samping itu obat-obatan yang bisa meringankan dan malah menyembuhkan penyakit itu, walaupun ia berasal dari hutan belantara, obat itu harus dicari, dipilih, dan dibawa pulang. 

Adakah hal yang menyamai perihal ini? Ada yaitu dalam epos Ramayana;
Sebagai Sugriwa yang menderita serangan saudaranya bernama Subali, tetapi Rama dan Laksmana yang masih asing itu malah dicarinya ditengah hutan yang dapat diandaikan sebagai obat untuk menghilangkan penderitaan yang dialami Sugriwa. 

Demikianlah, walaupun saudara ataupun keluarga sendiri yang bermaksud membunuh kita, dengan tegas dapat dianggap musuh; 
sedangkan mereka yang masih asing tetapi bila menyelamatkan kita, dapatlah mereka itu dianggap keluarga dan saudara.

Demikianlah ucapan pustaka suci Slokantara
Saudara bisa menjadi musuh, dan teman bisa berubah menjadi saudara.

Sehingga menyama braya disebutkan sebagai konsep ideal hidup bermasyarakat di Bali sebagai filosofi dari karma marga yang bersumber dari sistem nilai budaya dan adat istiadat masyarakat Bali untuk dapat hidup rukun.

Maka dari itu sebagaimana dalam menjalin hubungan sebagaimana disebutkan diantaranya :
  • Salunglung sebayantaka menjadi falsafah yaitu perasaan senasib sepenanggungan.
  • Tat Twam Asi sebagai ajaran ini merupakan dasar utama bagi kita untuk dapat mewujudkan masyarakat yang damai (santhi) yang patut kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercipta hubungan yang harmonis diantara kita.
  • Dimana saling asah, asih dan asuh sebagai ciri kas dalam jalinan persaudaraan.

***