Peradaban Yunani Kuno

Peradaban Yunani Kuno adalah salah satu dari peradaban kuno dunia yang muncul sekitar 1600 SM.
Dimana disebutkan banyak legenda Yunani kuno dapat dilihat di Satapatha Brahmana yang sampai saat ini masih digunakan acuan oleh umat Hindu di Bali.
    • Seperti misteri simbol burung hantu dalam motif hias nekara dihubungkan dengan Dewi Athena/Minerva sebagai simbol kebijaksanaan.
    • Konsepsi Brahmanik dalam evolusi Sraddha, yang terdapat dalam kitab Satapata brahmana, ini menyatakan Sraddha sebagai suatu keinginan untuk mendapatkan sorga
      • Sorga dapat dicapai dengan pelaksanaan ritual keagamaan. 
      • Dengan demikian, Sraddha Brahmanik tergolong karma kanda, menekankan pada tindakan ritualistis, keyakinan pada pendeta, kesediaan untuk melakukan persembahan.
    • Mythology :
      • Bhatara Aswin putera kembar Dewa Surya disamakan dengan si kembar Castor dan Pollux.
      • Gunung Olympus sebagai tempat bersemayamnya Zeus.
      • Siren digambarkan ikan duyung yaitu wanita cantik dengan tubuh setengah ikan.
      • Dewa Indra disamakan dengan Zeus sebagai dewa hujan dan perang.
      • Dll.
Bangsa Yunani sebagai salah satu peradaban dunia kuno disebutkan bahwa secara etimologis, kata “Yunani” berakar dari kata “Ionia”, yaitu nama sebuah kota paling timur dari wilayah bangsa-bangsa Yunani yang bertetangga dengan bangsa seperti Arab, Turki, dan Persia.
Atas itulah, dunia luar pertama kali menyebut bangsa tersebut sebagai bangsa “Yunani.” 
Para masyarakat asli Yunani sendiri menyebut diri mereka sebagai banga “Hellenes” yaitu para penduduk wilayah yang bernama “Hellas.” 
Dalam Bahasa Inggris, Yunani disebut sebagai “Greece” yang berakar pada bahasa Latin yaitu “Graecea” yang berarti “orang-orang Yunani.” 
Peradaban ini berlangsung di sekitar Laut Aegea, yang terdiri dari negara-kota (city-state; polis) yang berdiri sendiri. 
Kurun waktu peradaban ini adalah sekitar 700 SM hingga 146 SM, meskipun jika dihitung dari kemunculan masyarakat yang paling awal, maka peradaban Yunani dapat dibilang muncul pada sekitar tahun 1600 SM.
Peradaban Yunani kuno disebut sebagai nenek moyang peradaban bangsa-bangsa Eropa dan juga sebagai bapak demokrasi dunia. Hal ini dikarenakan banyaknya kontribusi peradaban Yunani kuno bagi perkembangan bangsa-bangsa Eropa tersebut, seperti dasar-dasar ilmu pengetahuan, filsafat ole plato dan pemerintahan, hingga sains dan teknologi. 
Peradaban ini berakhir saat Bangsa Romawi dari barat menduduki wilayah mereka dan masyarakat Yunani baru akan berdiri dan merdeka sebagai bangsa sendiri pada tahun 1821.

Dan sebagai tambahan dalam cerita rakyat Bali disebutkan :

***