Aja Were

Duyung

Duyung adalah sejenis ikan berkepala wanita cantik.
Mirip seperti halnya Gajah Mina, ikan duyung dalam mitologinya disebutkan juga memiliki kombinasi dari dua mahluk yang berbeda.
Dalam beberapa penjelasan, sebagai mahluk mitologi yang tubuhnya gabungan dari dua mahluk disebutkan bahwa putri duyung atau siren mermaid ini merupakan makhluk air yang memiliki kepala dan tubuh layaknya seorang perempuan dan ekor menyerupai ikan. 
Ikan duyung hidup di dasar laut dan dikatakan merupakan seorang putri yang telah dikutuk sebagian anggota badannya dari pinggang hingga ke kaki menjadi ikan.
Dalam kejadian aneh digambarkan bahwa Siren atau Seirenes ini menurut kisah legenda Yunani
Awalnya siren adalah para pelayan Persphone. Namun, ketika Persephone hilang karena diculik Hades, para pelayan tersebut diberi sayap oleh Demeter untuk mencari Persephone meskipun mereka kemudian menyerah.
Awalnya siren digambarkan sebagai wanita setengah burung. Tapi, dalam perkembangannya siren digambarkan dalam mitologi Yunani sebagai wanita cantik dengan tubuh setengah ikan.

Nah, konon, siren pun tinggal di lautan dan bukan dipemancingan, tepatnya di tempat-tempat yang dikelilingi tebing dan juga batu karang. 
Siren dipercaya punya suara yang amat bagus yang digunakannya untuk memikat para pelaut. Pelaut yang mendengar suara nyanyian siren konon menjadi terbuai sampai-sampai kapalnya menabrak karang lalu karam.
 ***