Tahukah Anda ? *) Pencarian data

Tujuan Hidup

Seluruh umat manusia memiliki tujuan hidup, termasuk juga umat Hindu yang disebutkan memiliki tujuan hidup yang jelas yakni seperti berikut :
  1. Catur Purusa Artha, keseimbangan hidup.
  2. Sanata Jagadhita; dilandasi filosofi "paras-paros sarpanaya salunglung sabayantaka"
  3. Sukerta sakala lan niskala; kebahagiaan lahir dan bathin.
  4. Moksartham jagad hita ya ca iti dharma; tercapainya kebebasan jiwatman.
  5. Dan Tuhan menyediakan proses dlm skenario semesta ini untuk membawamu menuju kesadaran semestamu.
Tujuan hidup ini dalam visualisasi banten penyeneng dikatakan harusnya dapat diselaraskan antara kebutuhan jasmani (material) dengan kebutuhan rokhani yang dinamis dan tidak henti-hentinya mengejar kemajuan dan produktif artinya senantiasa berkarya atau mencipta yang patut diciptakan, memelihara yang patut di pelihara dan meniadakan sesuatu yang patut ditiadakan.
Sehingga tercapailah keharmonisan hidup sesuai dengan ajaran Catur Marga untuk mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa.
Untuk mencapai tujuan hidup tersebut ternyata disebutkan juga banyak rintangan yang bersumber pada diri sendiri yang dalam panca klesa disebutkan seperti halnya awidya ; kegelapan atau ketidaktahuan / kebodohan dll.

Hendaklah disebutkan kita sebagai umat manusia dalam mencapai tujuan hidup di dunia ini agar dapat menjalankan karma marga untuk selalu berbuat kebaikan dan jnana marga, yaitu :
  • Dengan kecerdasan untuk selalu meningkatkan pengetahuan, baik pengetahuan secara umum maupun pengetahuan tentang ke-Tuhanan 
  • serta mengamalkan pengetahuan itu sebagai swadharma masing-masing untuk kesejahteraan umat manusia dan kelestarian alam semesta ini.
Dan begitupun dengan jalan hidup seseorang memang tak pernah ada yang tahu.
Namun jika ada niat dan tekad untuk berusaha, dengan tetap sujud bhakti kepadaNya bukan tidak mungkin apa yang diharapkan bisa terwujud. 
***