Tahukah Anda ?

Catur Yoga Marga

Catur Marga atau Catur Yoga disebutkan adalah empat jalan atau cara umat Hindu untuk menghormati dan mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Sumber ajaran catur marga ada diajarkan dalam pustaka suci Bhagawadgita, terutama pada trayodhyaya tentang karma yoga marga yakni sebagai satu sistem yang berisi ajaran yang membedakan antara ajaran subha karma (perbuatan baik) dengan ajaran asubha karma (perbuatan yang tidak baik).

Catur Marga ini terdiri dari :
  1. Bhakti Marga | sujud, bakti ....
  2. Karma Marga | berbuat ..
  3. Jnana Marga. | pengetahuan ...
  4. Yoga Marga. | dengan jalan semadhi
Inti dan penerapan dari ajaran Catur Marga ini bertujuan untuk memantapkan mengenai tujuan hidup dan kehidupan umat manusia di alam semesta ini, terutama untuk peningkatan, pencerahan, serta memantapkan keyakinan atau kepercayaan (sraddha) dan pengabdian (bhakti) terhadap Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Dengan memahami dan menerapkan ajaran catur marga, maka diharapkan segenap umat Hindu dapat menjadi umat Hindu yang berkualitas, bertanggung jawab, memiliki loyalitas, memiliki dedikasi, memiliki jati diri yang mulia, menjadi umat yang pantas diteladani oleh umat manusia yang lainnya, menjadi umat yang memiliki integritas tinggi terhadap kehidupan secara lahir dan batin, dan harapan mulia lainnya guna tercapai kehidupan yang damai, rukun, tenteram, sejahtera, bahagia, dan sebagainya.

Jadi dengan penerapan dan ajaran catur marga diharapkan agar kehidupan umat Hindu dan umat manusia pada umumnya menjadi mantap dalam berke-sraddha-an dan berke-bhakti-an kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, serta dapat diharmoniskan dengan kehidupan nyata dengan sesama manusia, semua ciptaan Tuhan, dan lingkungan yang damai dan serasi di sekitar kehidupan masing-masing.

Demikian disebutkan Catur Marga dalam Parisada Hindu Dharma Indonesia. (Pada Artikel Penerapan Catur Marga Bagi Masyarakat di Bali) yang juga dipersamakan atau disebutkan dalam artikel Karma Marga dalam kutipan Parisada Hindu Dharma Indonesia, Catur Marga ini juga disebut dengan Catur Yoga yaitu empat cara menghubungkan diri dengan Tuhan yaitu dengan jalan, karma yoga, bhakti yoga, jnana yoga maupun dengan jalan Raja Yoga.
***