Pikiran Bawah Sadar

Pikiran Bawah Sadar (unconscious mind) adalah sumber dari motivasi dan dorongan yang ada dalam diri kita seperti misalnya insting, hasrat dll.
Dan mungkin anda pernah mengalami suatu kejadian, saat sedang melamun atau memikirkan seseorang, tiba-tiba orang yang dilamunkan itu menghubungi anda. 
Atau ketika menghayal ingin memiliki sesuatu dan hayalan itu yang disimpan di pikiran bawah sadar bisa terwujud di kemudian hari tanpa kita sadari. 
Itulah kekuatan pikiran bawah sadar dan pikiran sadar manusia.
Di alam semesta, dikatakan bahwa energi terdiri dari dua macam, yakni energi positif dan energi negatif.
Demikian pula dengan pikiran manusia hanya ada pikiran positif dan pikiran negatif yang menghasilkan getaran gelombang energi yang akan mempengaruhi kehidupan manusia. 
Sadar atau tidak, setiap pikiran yang kita hasilkan akan sangat berpengaruh dengan terbentuknya getaran gelombang energi yang menyelimuti kita, yang sering disebut dengan aura tubuh. 
Bila kita sering berpikir negatif maka aura tubuh yang menyelimuti kitapun menjadi negatif pula. 
Dan bila kita selalu berpikir positif, maka aura tubuh yang menyelimuti kita menjadi positif. 
Kalau tidak percaya, bisa dibuktikan dengan foto aura. Contoh pikiran yang membuat gelombang energi menjadi negatif adalah perasaan sedih, kecewa, putus asa, khawatir, ragu-ragu, benci dan lain sebagainya. 
Oleh sebab itu, tidaklah heran bila orang yang selalu memelihara pikiran negatif itu maka hidupnya diliputi dengan hal-hal yang negatif juga, apakah halangan dalam bekerja atau halangan dalam usaha untuk mendapatkan rejeki atau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti selalu sial.
Orang yang selalu berpikir positif, riang gembira, optimis dan penuh rasa syukur maka hidupnya pun selalu dipenuhi dengan energi positif. 
Sebab, setiap apa pun yang dikerjakan atau dilakukan akan berbuah menjadi suka cita. Dalam melaksanakan pekerjaan, seberat apapun pekerjaan itu semua menjadi lebih mudah untuk diselesaikan. 
Untuk itu kita harus memelihara pikiran positif. 
Menyelaraskan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar menjadi satu kesatuan gelombang energi yang positif. Bila pikiran kita menjadi ragu-ragu cepatlah rubah menjadi pikiran optimis. 
Bila kita sedih cepatlah merubah kesedihan itu menjadi kegembiraan. Bila ada rasa khawatir maka relakan atau pasrahkanlah semuanya kedalam kehendak Yang Kuasa, yang menguasai alam semesta. 

Setiap apa yang kita pikirkan atau hayalkan dan kita beri perhatian lebih, maka cepat atau lambat alam semesta pun akan meresponsnya jauh lebih besar pula.

Demikian dikutip dalam catatan Prabu Kalianget dalam membangkitkan pikiran bawah sadar (1) yang sebagaimana dikatakan;
Sudah saatnya kita disebutkan agar dapat berpikir yang baik, berbicara yang baik dan berprilaku yang baik (seperti yang disebutkan dalam Tri Kaya Parisudha) agar alam semesta ini dapat memberikan kebaikan dan pengaruh positif dalam kehidupan kita ini.

Dan sebagai contoh kekuatan pikiran dimana dalam Hindu disebutkan;
  • Jika engkau selalu BERPIKIR SAKIT.
Jangan berharap kesembuhan segera datang.
  • Jika engkau selalu BERPIKIR SUSAH.
Jangan berharap akan adanya kesenangan.
  • Jika engkau selalu BERPIKIR SULIT.
Jangan berharap/bermimpi kemudahan akan datang.
  • Jika engkau selalu BERPIKIR SEDIH.
Bersiaplah kesedihan yang lebih besar akan datang.

Seperti itulah reaksi pikiran bawah sadarmu atas aksi pikiran, maka itulah yang akan terjadi.
***