Berpikir Positif

Berpikir positif (positif thingking) merupakan suatu cara agar dapat mengendalikan pikiran yang bertujuan untuk dapat :
  • Memelihara dan melatih indriya agar tetap sehat sempurna;
  • Dapat mencapai kesucian dan menciptakan kesejahteraan dan perdamaian dalam hidup ini.
Jadi dikatakan bahwa, tanamkanlah selalu pikiran positif setiap hari dan yakini, maka hidupmu akan selalu mengalami hal² positif juga.
Seperti dalam rumus matematika kehidupan yang  disebutkan sebagai berikut :
+ x + = +
Artinya :
Ketika engkau menginginkan kebaikan untuk orang lain, maka kebaikan itu juga akan datang kepadamu dari arah yang tak engkau duga sebelumnya.
Dan kalau saja pikiran terkonsentrasi atau terpusat dengan baik maka semua indria pun nantinya akan menjadi baik. 
Jika kita berpikir baik maka akan menarik dan terhubung dengan kebaikan-kebaikan serta menjauhkan dari keburukan
Sebab, setiap apa pun yang dikerjakan atau dilakukan akan berbuah menjadi suka cita. Dalam melaksanakan pekerjaan, seberat apapun pekerjaan itu semua menjadi lebih mudah untuk diselesaikan.
Untuk itu kita harus memelihara pikiran positif.
Menyelaraskan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar menjadi satu kesatuan gelombang energi yang positif
Sadar atau tidak, 
Setiap pikiran yang kita hasilkan akan sangat berpengaruh dengan terbentuknya getaran gelombang energi yang menyelimuti kita, yang sering disebut dengan aura tubuh ini.
Dan bila kita selalu berpikir positif, maka aura tubuh yang menyelimuti kita menjadi positif.
Sehingga dalam kutipan majalah raditya juga dikatakan pentingnya umat manusia dalam mengelola pikiran yang sebagaimana dikatakan bahwa :
Kekuatan pikiran sangat luar biasa seperti tersirat dalam Kidung Sucita Subudi bahwa “semua berawal dari pikiran”. 
Selain itu selaku manusia kita hendaknya selalu berpikir positif (positif thinking). 
Dalam slogan itu terkandung makna yang sangat luar biasa, karena jika pikiran sebagai rajanya indria bisa dikendalikan, dan kuat maka indra-indra yang lain sebagai bawahannya akan menurut apa maunya pikiran (raja).
Jika pikiran lemah dan tidak kuat, maka dia akan hanyut mengikuti arus kecenderungan indra-indra yang cenderung doyan material, termasuk mudah termakan buju rayu iklan. 
Agar pikiran tumbuh kuat bisa berfungsi dengan baik, maka sejak awal hendaknya dipelihara dengan baik.
Dengan berpikir positif yang dipenuhi kebijaksanaan dan kedamaian maka dikatakan bahwa aura tubuh yang menyelimuti kita pun akan menjadi positif dan bercahaya suci.
Dan dengan selalu berpikir positif dalam kompasiana juga disebutkan akan dapat meningkatkan kepercayaan diri seperti contohnya diberikan sebagai berikut :
Jika kita ada dalam suatu kejadian misalnya, dimana kita mendapatkan pekerjaan yang sangat sulit, sehingga membuat kita menjadi merasa terbeban.
Biasa nya orang yang berpikir positif akan mampu menenangkan pikiran nya dan meyakinkan diri nya bahwa dia mampu melakukan nya, karena biasa nya jika orang yang berpikir positif ia akan selalu berpikir bahwa setiap masalah atau kejadian pasti ada jalan keluarnya.
 ***