Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Pengobatan Tradisional Bali

Pengobatan Tradisional Bali adalah pengobatan yang bersumber dari kitab kuno lontar usada Bali yang berisikan tentang ilmu - ilmu tentang pengobatan tradisional.

Dalam kerangka konseptual di bidang pengetahuan, pencegahan, pengobatan, rehabilitasi serta penelitian dibidang kesehatan di Bali.
Balian dalam pengobatan tradisional Bali | Seperti halnya Nakula dan Sahadewa yang dianugrahi kesaktian (kepandaian) mengobati oleh Bhatari Durgha.
Di dalam kepercayaan masyarakat Bali, Bhatari Durgha bersthana di Pura Dalem dan kenyataannya sekarang balian - balian yang ingin mendapat panugrah mengobati kebanyakan mohon panugrah di 
Pura Dalem. 
Balian yang mendapat panugrah Pura Dalem biasanya mempunyai pesimpangan Bhatara Dalem di rumahnya dan linggih pepatih bhatara di Dalem yaitu Ratu Nyoman Sakti Pengadangan. 
Di dalam kandapat, tokoh Ratu Nyoman Sakti diceritakan sebagai tokoh yang allround dalam arti beliaulah penguasa dan black dan white magic, sebab itu kepada beliaulah biasanya juga para balian minta perlindungan atau bantuan.

Balian Usada yang pada dasarnya mengutamakan penggunaan ilmu pengetahuan mengenai teknik pengobatan, meramu dan jenis - jenis obat - obatan (Nala : 89.2006).
Pengetahuannya didapat dari mempelajari berjenis - jenis lontar pengobatan usada antara lain Lontar Usada, Lontar Bodagama, Boda kecapi dan sebagainya yang pada umumnya memuat soal - soal therapi, menentukan jenis penyakit dan soal - soal obat yaitu obat apa yang cocok untuk suatu penyakit. 
Jadi usada itu garis besarnya memuat soal bagaimana menentukan jenis penyakit dan menentukan obatnya sesuai dengan lontar - lontar sebagai kitab kuno di Bali.

Dalam pengobatan tradisional. 
  • Tanda tapak dara dari kapur sirih sering digoreskan oleh balian pada bagian tubuh yang dirasakan sakit, sesungguhnya mengandung makna universal. 
  • Taru Windu Sakti berguna sebagai penangkal dan mengobati orang - orang yang kena guna guna, acep acepan, sesawangan akan kesakitan, orang yang kena cetik akan langsung muntah, orang yang kena pepasangan akan terasa panas, dan orang kemasukan jin, setan, bebai, wong samar, dll.
  • Obat Penyakit Kelenjar Getah Bening | bawang putih tunggal di keprek .........
  • Keloruntuk menetralisasi energi negatif yang berlandaskan unsur satyam, siwam, sundaram ....
  • Lontar Usada Cukildaki dipelajari untuk menyucikan orang terkena virus bebai.
  • Dalam Usadha Tantra, ada tips sederhana agar terhindar dari sabsab mrana yang disebabkan oleh virus, yakni menggunakan Brambang (bawang merah), dan kalau bisa hati bawang merah. 
    • Cari sebanyak 9 biji sesuai dengan urip Brahma arah selatan aksara BANG dengan karakteristik aksara pelebur. 
    • Kemudian, iris kecil-kecil sebanyak empat biji dan sisakan utuh sebanyak 5 biji.
  • Konservasi tumbuhan obat tradisional usada Bali;
Semoga bermanfaat buat semuanya.
***