Tahukah Anda ?

Gayatri Mantram

Gayatri mantra (Savitri Mantram) adalah mantra cahaya spiritual yang vibrasinya dapat menerangi intelektual kita yang menjadi bait pertama dari mantram Puja Tri Sandhya dalam sembahyang sehari-hari.

Dalam menelusuri kekuatan spiritual, mantram gayatri ini, disebutkan merupakan mantra yang terkemuka dalam agama dan kepercayaan umat Hindu, mantra yang mengilhami dan mengajarkan suatu kebijaksanaan. 
Maknanya adalah :
“Semoga Tuhan/Hyang Widhi menerangi akal/budi kita yang akan menuntun kita ke jalan yang benar”. 
Mantra ini juga merupakan doa kepada “pemberi cahaya dan kehidupan” - bagaikan  cahaya matahari (Savitur).
Mantra Gayatri ini tercantum dalam Weda RegWeda III.62:10 yang ditemukan oleh Maharsi Wiswamitra, yang merupakan salah satu Sapta Rsi yang menerima wahyu langsung dari Hyang Widhi/Tuhan yang maha Esa. 
Rsi Wiswamitra lah menginisiasi Sri Rama dalam misteri pemujaan Surya melalui mantra Aditya Hrdayam (dalam wiracerita Ramayana). Mantra Gayatri membuat Rsi Wiswamitra mampu menggunakan berbagai senjata langka yang mematuhi kehendaknya bila mantra itu diucapkan dengan penuh keyakinan. 
Malalui kesaktian yang diperolehnya dengan cara ini, Wiswamitra dapat menciptakan alam semesta yang sama dengan jagat raya kita ini.
    Dan adapun bait-bait suci Gayatri Mantram terdiri dari tiga unsur mantram yaitu :
    1. Pranawa (OM); lambang kesucian dan kemahakuasaan Hyang Widhi;
    2. Vyahrti (BHUR BHUVAH SVAH);
    3. Tripada (TAT SAVITUR VARENYAM, BHARGO DEVASYA DIMAHI, DHYO YONAH PRACODAYAT).
    Dan mantra ini bukanlah hanya sekedar nyanyian kata-kata, namun juga sebagai sarana memusatkan pikiran menuju alam kebahagiaan spiritual Tuhan/Sang Hyang Widhi dan sebagai sarana komunikasi yang mempunyai nilai yang sangat religius. 
    Tidak hanya diucapkan berkali-kali tetapi juga harus dimengerti dan direnungkan, karena mantra ini sejatinya merupakan ibu dari setiapmantra yang ada ketika Dewi Gayatri untuk pertama kalinya menyanyikannya untuk Tri Murti (yang diawali dengan pengucapan kata suci AUM, OM).
    "Dan Semoga Tuhan/Hyang Widhi menerangi akal/budi kita yang akan menuntun kita ke jalan yang benar” untuk dapat merasakan kebahagiaan spiritual menuju kepada Hyang Widhi. 
    ***