Bhur Loka, "Alam Neraka"

Bhur Loka ("alam Neraka; alam bawah") adalah alam yang dihuni oleh jiwa-jiwa (atman) yang,
  • bathinnya gelap, 
  • hidupnya tidak benar, atau 
  • menyalahgunakan kesaktian semasa hidupnya. 
Bhur loka merupakan salah satu lapisan alam Tri Loka dalam komposisi alam semesta, bhuwana agung ini disebut sebagai neraka yang dihuni oleh para ashura atau mahluk-mahluk bawah (bhuta kala) yang tidak baik dan para atma yang diselaputi oleh karma wasana yang terlalu banyak bersifat asubha karma semasa hidupnya.

Alam ini juga disebut sebagai neraka yang sangat tersiksa karena proyeksi mental-energi negatif dari isi pikiran-pikiran kita sendiri (pikiran buruk dan memory buruk).

Bisa dikatakan seperti mengalami mimpi sangat buruk, tapi lebih nyata dari mimpi buruk, karena pikiran-pikiran buruk kita terproyeksikan menjadi begitu nyata oleh energi-energi negatif di alam ini. 

Jiwa-jiwa dalam alam ini semuanya mengalami siksaan, namun tentu saja tidak ada yang terluka atau apa dalam artian fisik, karena itu tak ada bedanya seperti orang yang bermimpi sangat buruk (dalam tidur).

Bhur Loka terdiri dari tujuh (7) lapisan dimensi alam yang disebut Sapta Petala sehingga semakin negatif atau kasar lapisan dimensi bhur loka yang kita masuki, lingkungannya semakin tidak mendukung bagi jiwa untuk mengalami kebahagiaan dan kedamaian seperti yang dialami oleh buta kala.
***