Meditasi

Meditasi | untuk mendapatkan ketenangan hati dan kedamaian pikiran,

Ketika anda duduk dalam posisi yang nyaman pada satu tempat yang sepi dan bersih yang akan dapat membantu menenangkan pikiran anda, cobalah membuang semua pikiran-pikiran negatif dan rasa cemas yang mungkin mengganggu anda setiap saat.
  • Ijinkan pikiran anda tenang dan terkendali beberapa saat.
    • Beritahu diri anda bahwa anda dapat kembali ke hal-hal lain belakangan.
    • Dengarkan dengan santai, namun tajam dan waspada, penuh perhatian terhadap irama nafas anda.
    • Rasakan, dan bahkan dengarkan, udara pemberi kehidupan ketika ia masuk dan keluar dari jantung anda.
  • Pusatkan perhatian anda kepada suara dan perasaan kepada nafas anda.
    • Dengan setiap nafas keluar, biarkan stres dan kecemasan yang tersembunyi di dalam tubuh dan pikiran anda lepas bebas.
    • Ijinkan rasa takut dan keraguan anda pergi.
  • Dengan setiap nafas masuk,
    • bayangkan alam yang tenang dan penuh cinta memasuki jantung anda,
    • dan ke dalam sang diri anda sendiri.
  • Bila pikiran anda berkelana sementara — dan biasanya memang demikian! — lalu secara halus dan sabar bawa ia kembali kepada tugasnya untuk hanya memperhatikan nafas.
Cobalah ini sekitar 10 menit sebagai satu persiapan bagi meditasi-mantra, secara perlahan-lahan tingkatkan waktunya selama beberapa minggu berikutnya. Setelah anda dapat menenangkan pikiran dengan konsentrasi nafas, sekarang anda dapat maju kepada aspek yang lebih spiritual.


***