Stress

Stress adalah salah satu keadaan dimana terjadi ketidakseimbangan kekuatan kosmik dalam tubuh yang dapat mempengaruhi gelombang elektromagnetik otak manusia;
Ketidakseimbangan ini dikatakan jika dibiarkan terlalu lama disebutkan akan bisa menimbulkan “energi negatif” yang berakibat pada peningkatan emosi, depresi, beringas, gelap mata, mudah tersinggung, saling curiga, kebingungan, sakit tak karuan, dll.
Kadangkala dalam satu hal kita ingin mempunyai satu kehidupan yang bebas stres
Cara hidup Hindu dikatakan dapat membantu upaya itu.
Mereka yang mengikuti praktek keagamaan dengan kedamaian umumnya tenang hatinya dan mereka mengekspresikan ketenangan itu dalam kehidupan sehari-hari mereka. 
Seperti yang dikutip dalam IG NafasHindu, ketenangan hadir disaat kita bisa menerima kenyataan, 
bahwa semua yang terjadi adalah bagian dari hidup. 
Jiwa tidak tenang terjadi karena sering kali kita khawatir, dengan kejadian yang tidak sesuai dengan harapan kita, kejadian yang tidak menguntungkan kita.
Di Hindu dikatakan, telah memberikan panduan untuk memperoleh ketenangan jiwa. Panduan yang paling utama yakni bersyukur menjadi manusia. 
Menjadi manusia, merupakan kelahiran paling utama untuk bisa melakukan perbuatan Dharma.
Yoga dan Meditasi adalah salah satu cara untuk kita bisa mendapatkan ketenangan jiwa, perasaan damai dan bisa melepaskan kita dari rasa stress. Yoga dan meditasi bisa dilakukan oleh semua agama bukan cuma untuk pemeluk agama Hindu, karena sebenarnya yang dilakukan pada saat kita melakukan meditas yoga adalah menenangkan pikiran, pemusatan pikiran, dan pengaturan nafas.

Langkah-langkah Meditasi :
  • Ambilah sikap duduk yang santai di atas suatu alas tempat duduk, atau di kursi (jangan langsung duduk menempel pada lantai). Punggung dan leher dalam keadaan tegak, rilekskan seluruh anggota tubuh, lakukan langkah-langkah berikut ini:
  • Pusatkan pikiran di antara kedua alis dengan santai (jangan berkonsentrasi dengan tegang, santai saja). Dalam keadaan itu, ucapkan di dalam hati secara berulang-ulang Gayatri Mantram itu dengan tidak terlalu lambat ataupun terlalu cepat.
  • Kemudian Ucapkan Mantra Gayatri.
  • Teruskan proses itu selama 10-15 menit. Sesuai dengan kemajuan anda, pelan-pelan lama waktunya bisa diperpanjang.
Praktekkan meditasi ini secara rutin setiap hari. Untuk itu, memilih waktu dan tempat yang tetap untuk meditasi adalah sangat dianjurkan agar mendapatkan ketenanangan untuk mengurangi stress.
***