Kesurupan

Kesurupan adalah masuknya roh halus di alam pikiran bawah sadar sehingga dapat menyebabkan seseorang berbuat tidak semestinya dan tidak dapat mengendalikan dirinya sendiri.
Adanya kesurupan biasanya sebagai suatu tanda atau pesan yang ingin disampaikan oleh roh yang merangsuki orang tersebut kepada orang-orang yang berada pada lingkungan sekitarnya.
Seperti halnya diceritakan pada zaman dahulu, ketika anak buahnya Dewi Durga bernama Kalika menyusupi badan Dewi Kunti.
Dalam keadaan disusupi badan halus Kalika, di hadapan anak-anaknya Pandawa, Dewi Kunti menyatakan maksudnya akan mengorbankan jiwa Sadewa pada Batari Durga.
Peristiwa hilangnya kesadaran manusia atas kontrol badan jasmaninya yang disebut kesurupan tersebut dikutip dari salah satu postingan Hindu di Fb dikatakan bahwa dapat diakibatkan karena kondisi jiwa yang tertekan (beban berat) yang tak bisa terpikulkan, bisa juga karena faktor-faktor gaib yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata semata.
Hal mana menyebabkan pikirannya menjadi tidak seimbang dan bahkan kosong sama sekali untuk kurun waktu tertentu. 
Pada posisi seperti ini, masuklah roh halus / roh gentayangan merangsuki pikirannya (bisa roh halus yang bersifat baik maupun yang bersifat jahat). 
Roh itu bisa berupa roh yang baik seperti : roh manusia sakti (yang telah meninggal), leluhur, atau para Dewa, bisa juga roh yang jahat seperti jin, setan, gendoruwo dan lain sebagainya (baca: kisah interaksi dengan Leak).
Datangnya atau masuknya roh halus ke dalam pikiran manusia bisa tanpa diundang dan bisa juga karena diundang. 
Sengaja mengundang masuknya roh halus lewat doa-doa, nyanyian serta ritual-ritual tertentu dan kemudian menyebabkan orang menjadi kesurupan sudah menjadi tradisi dalam masyarakat kita.
Tradisi ini bisa kita lihat misalnya pada tarian Debus di Jawa Barat, Tarian Gandrung di Banyuwangi, Tarian Bambu Gila di Maluku, Tarian Sanghyang Jaran di Bali dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lainnya.
Prilaku orang yang kesurupan biasanya aneh, tidak seperti prilaku dia biasanya, kata-kata serta tingkah lakunya mengikuti kehendak roh yang merangsukinya. 
Ada yang tiba mengamuk dan berteriak-teriak, ada yang badannya berguncang, ada yang berperilaku seperti anak-anak, ada yang pembawaannya tenang, ada yang mendadak pintar dan sebagainya.
Menurut pendapat para pakar spiritual, kesurupan itu adalah suatu tanda atau pesan yang ingin disampaikan oleh roh yang merangsuki orang tersebut kepada orang tersebut dan juga kepada lingkungan sekitarnya. 
Maka dari itu diperlukan orang tertentu yang bisa mengkomunikasikan serta menterjemahkan pesan apa yang ingin disampaikannya (menurut tradisi di Bali disebut sebagai Juru Natakin Baos).
KESURUPAN MASAL
Kesurupan masal adalah peristiwa kesurupan yang melibatkan lebih dari satu orang dan bahkan bisa banyak orang dalam suatu tempat dan dalam waktu yang (hampir) bersamaan. 
Umumnya peristiwa kesurupan masal ini mulai dari satu orang kemudian menular pada oaring lain dan menular lagi kepada orang-orang lain yang berdekatan.
Peristiwa kesurupan masal ini biasanya menimpa mereka yang berada dalam satu level tertentu, misalnya antar siswadalam satu kelompok tertentu, tidak akan menular kepada gurunya (Karena alevelnya berbeda), atau sering kita lihat juga di tempat-tempat suci (pura misalnya) di mana para pemedek dalam suatu kelompok terkena peristiwa kesurupan masal tetapi tidak menular pada orang-orang suci (pemangku ataupun pendeta) yang ada di tempat itu. 
Belakangan ini peristiwa kesurupan banyak kita dengar terjadi tidak hanya dtempat-tempat suci tetapi juga di sekolah-sekolah, di pabrik-pabrik dan tempat-tempat umum lainnya.
BAGAIMANA CARANYA MENGATASI KESURUPAN MASAL
Lebih mudahnya sebenarnya meminta bantuan kepada orang suci (orang pintar) yang telah mempunyai pengalaman menangani peristiwa gaib seperti ini. 
Tetapi apabila tidak bisa mendapatkan orang pintar karena sesuatu dan lain hal, tetaplah tenang dan jangan panik
  • Panggil dan tunjuklah orang yang paling dituakan di tempat itu untuk mencoba berkomuniksasi dengan roh yang merangsuki orang-orang tersebut (pilih yang terkena kesurupan pertama) agar dapat diketahui apa yang mau disampaikannya. 
  • Setelah itu untuk menyadarkannya, berdoalah dan mohonkan tirta pada tempat suci terdekat dari lingkungan itulalu dipercikkan kepada mereka yang terkena kesurupan. 
Biasanya setelah itu mereka akan siuman dan kembali kepada kondisi kesadaran semula.
Bila dengan ritual itu mereka belum sadar, maka cobalah untuk mendapatkan setangkai daun kelor atau bisa juga daun pulai lalu ditambah seikat daun ilalang (11 helai) , lalu dipukulkan berkali-kali pada tengkuk serta punggung mereka yang terkena kesurupan. 
Ingat berdoa dulu sebelum melakukannya. 
Jika anda tidak bisa doa atau mantram khusus untuk ritual ini, maka Gayatri Mantram ( Mantram Tri Sandya bait pertama) bisa dipergunakan sebanyak 3 atau 5 atau 7 atau 9 atau 11(dalam jumlah ganjil). 
Untuk mengingatkan saja, berikut ini adalah Mantram Gayatri yang dimaksud (bila diucapkan 3x) :
OM OM OM BHUR BHUWAH SWAH
TATSAWITUR WARENYAM
BHARGO DEWASYA DIMAHI
DHIYO YONAH PRACODAYAT
OM BHUR BHUWAH SWAH
TAT SAWITUR WARENYAM
BHARGO DEWASYA DIMAHI
DHIYO YONAH PRASCODAYAT
OM BHUR BHUWAH SWAH
TAT SAWITUR WARENYAM
BHARGO DEWASYA DIMAHI
DHIYO YONAH PRASCODAYAT
OM SHANTIH SHANTIH SHANTIH OM
CATATAN : untuk yang pertama didahului oleh kata OM 3x, selanjutnya OM 1x (saja), dan terakhir ditutup dengan OM SHANTIH SHANTIH SHANTIH OM. Perhatikan contoh diatas.
Bila sudah mencapai titik kesadaran, untuk menyempurnakannya berikanlah kepada mereka untuk meminum air kelapa muda gading (bungkak nyuh gading) untuk menenangkan jiwa raganya yang telah diguncang oleh peristiwa gaib tersebut. Seperti biasanya diawali dulu dengan doa. Sebagai referensi saja mantram berikut ini bisa dipergunakan (sebelum air kelapa tersebut diminum) :
OM GURU TAYA GURU SUKSMA
AMERSIHI JADMA MANUSA
NIR PAPA NIR ROGHA NIR JYOTI
GURU SEKALA NISKALA DADI
LILA ARAWANA.
INI KESURUPAN BENAR APA TIDAK ?
Di balik peristiwa kesurupan tersebut kadang-kadang masih sering kita dengar suara sumbang yang meragukan, apakah ini benar-benar kesurupan atau cuma bikin-bikinan.
Hal ini bisa terjadi karena konon ada beberapa orang atau kelompok orang yang sengaja berpura-pura kesurupan dengan tujuan atau maksud-maksud tertentu sehingga sering orang menaruh kecurigaan akan peristiwa gaib atau seakan-akan gaib ini. 
Biasanya orang yang kesurupan, karena faktor kekuatan roh yang merangsukinya, dia bersifat kebal pukulan, kebal senjata, tajam, bahkan terhadap bara api.
Untuk mengetahui keberadaannya, bila ada keraguan, maka kita bisa melakukan test (pinton) terhadap orang yang kesurupan dengan cara membakar kulitnya dengan nyala korek api (bisa juga dengan sebatang dupa menyala ) atau mencubit kulitnya keras-keras. 
Bila dia tidak bergeming, maka dapat dipastikan dia benar-benar kesurupan, tetapi bila dia merasa kesakitan jelaslah dia sedang berbohong. 
Untuk menghindari hal-hal yang berbau kriminalisme, maka tidak dianjurkan melakukan test dengan memukul keras-keras apalagi dengan menggunakan senjata tajam atau jangan juga dengan menggunakan api yang sedang membara.
Ingat dan hati-hati, jangan sampai proses pinton ini melanggar ketentuan HAM (hak asasi manusia).
***