Pages

Panca Srada

Panca Srada adalah lima dasar ajaran keyakinan umat Hindu untuk meyakini adanya Tuhan seperti yang termuat dalam lontar arda smara untuk mencapai tujuan hidup di dunia ini.

Dengan adanya kelima dasar tersebut kita dapat menempuh jalan mencapai pembebasan atau terbebas dari seluruh ikatan duniawi yang sebagaimana disebutkan dari artikel berbagi ilmu dan pengalaman, Panca Srada meliputi :
  1. Brahman, Widhi Tattwa, keyakinan terhadap Tuhan.
  2. Atman, Atma Tattwaterdapat jiwa dalam setiap makhluk hidup.
  3. Karmaphala, Karmaphala Tattwa, keyakinan pada Karma Phala (hukum sebab-akibat).
  4. Samsara, Keyakinan pada kelahiran kembali.
  5. Moksa, Keyakinan akan bersatunya Atman dengan Brahman.
Lima pokok / tuntunan dasar Panca Sradha tersebut sehingga dengan menanam panca datu di pura yang baru berarti tanah pura tersebut telah diubah menjadi "emas" yang penuh dengan sinar-sinar kesucian Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam perkembangan selanjutnya, kemudian pada tahun ± 800 SM dalam evolusi agama Hindu di India dan budayanya, mereka menemukan ilmu tentang Panca Srada ini dan dari hasil penemuan ini kemudian dikondifikasikan kedalam kitab yang kita kenal dengan sebutan Upanisad sebagai ajaran filsafat yang merupakan bagian dari Weda Sruti.
Kemudian upacara kurban dan ritual mistik mulai berkurang namun ajaran moralaritas atau etika mulai meningkat.
Dan kebanyakan orang percaya ini sebagai kendaraan untuk mencapai sorga alam swah loka yang dihuni oleh jiwa-jiwa atau atman yang telah memiliki bathin yang bersih dan suci.
***