Aja Were

Hukum Antahkarana

Hukum Antahkarana (atau HUKUM "MOVE ON") adalah rahasia alam semesta terkait perpindahan atman menuju kehidupan baru dalam kelahiran kembali (atau dalam proses reinkarnasi).

Dan hukum Antahkarana ini selain memberikan ingatan yang tetap pada pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sebelumnya, juga mendorong perkembangan sifat dan kemampuan baik lainnya pada jiwa yang lahir kembali.

Berdasarkan hukum tersebut  sebagai rahasia alam semesta Bag. 3 (ref) dalam Hindu Dharma di fb disebutkan bahwa :
  1. Manusia yang dilahirkan kembali atau mengalami proses reinkarnasi tidak akan ingat lagi pengalaman dan pengetahuan yang tidak dapat menolongnya dalam kehidupan baru selanjutnya.
  2. Hukum ini menolong manusia karena bila masih ingat masa lalunya maka manusia akan saling kenal pada masa kehidupan yang sekarang. Jika orang saling kenal pada kehidupan masa lalunya maka seseorang penjahat yang dilahirkan kembali akan selalu dikucilkan sehingga tidak memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri.
  3. Hukum ini menolong manusia agar dapat memulai kesadaran hidup baru tanpa memori. 
    • Jika manusia masih mengingat akan kesedihan dari memori masa lalu maka perkembangan pengetahuan dan kemampuan belajar dari Sang Jiwa akan terbebani oleh memori kesedihan masa lalu.
  4. Dalam literatur Vedānta, antahkaraṇa ini disusun menjadi empat bagian:
    1. Ahamkāra (ego) - mengidentifikasi Atman (diri) dengan tubuh sebagai 'Aku'.
    2. Buddhi (intelek) - mengendalikan pengambilan keputusan.
    3. Manas (pikiran) - mengendalikan sankalpa (kehendak atau resolusi)
    4. Chitta (memori) - berkaitan dengan mengingat dan melupakan.
Penjelasan lain menyatakan bahwa "antahkarana" mengacu pada keseluruhan proses psikologis, termasuk pikiran dan emosi, menyusun tingkat pikiran, seperti yang dijelaskan di atas, yang disebut sebagai unit yang berfungsi dengan semua bagian yang bekerja sama secara keseluruhan. 

Selanjutnya, ketika mempertimbangkan bahwa tingkat pikiran adalah tubuh, yaitu: 
Manomayakosha (karana sarira) - terkait dengan manas - bagian dari pikiran yang terkait dengan lima indra, dan juga keinginan untuk sensasi dan emosi baru dan menyenangkan,
Sementara buddhi (intelek, kecerdasan, kemampuan untuk beralasan) , berhubungan dengan vijnanamayakosha - tubuh kesadaran, pengetahuan, intuisi dan pengalaman.
***