Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Kesadaran Hidup

Catatan Paguyuban Hindu
Sejatinya kesadaran hidup di dunia ini adalah tugasmu sendiri dan Tuhan hanya berperan menuntun jalanmu ke arah yg kau tuju. 

Dan Tuhan hanya menyediakan proses dalam skenario semesta ini untuk membawamu menuju kesadaran semestamu.
  • Kesadaran bathin dalam melaksanakan sembahyang agar ditujukan pada jalan dharma, kesucian dan kesejahtraan mahluk serta alam semesta.
  • Atman kehilangan kesadaran dimana dalam panca pada disebut bahwa Ia bergabung dengan acetana yaitu serba lupa (unconsciusness) yang bersiat gelap, tidak tahu dan tanpa kesadaran tentang tujuan hidup di dunia ini.
Dan semoga semua mahluk berbahagia dan terhindar dari derita, seri dialog antara guru & sisya/murid.
Om asato ma sad gamaya
tamasho ma jyotir gamaya
mrityor ma amertam gamaya .
Murid ....
Dijaman kaliyuga atau di jaman now ini nyaris semua orang mengklaim bahwa Tuhan yg mereka sembah / puja nomor satu , dan yg lainya adalah nomor dua, setiap agama meyakini Tuhan itu hanya satu tapi mengapa begitu banyak umat yg memiliki sikap dan perilaku berbeda seakan mengartikan bahwa Tuhan yg satu itu adalah Tuhannya yg nomor satu, dan yg lainya adalah nomor dua. 
Dan bagaimana aku mesti belajar melihat Tuhan yg satu itu dlm berbagai nama dan persepsi pikiran ?
Guru , menjawab
Lihatlah bumi yg satu ini menjadi tempat berpijak segala manusia dan mahluk hidup. mereka yg berpijak di atas sawah, yg berdiri di atas pasir pantai, yg berenang di laut, yg berdiri di puncak gunung atau berbaring di dasar jurang, semua akan mengerti bahwa mereka berpijak pda bumi yg sama, meski tempat mereka berpijak itu nyata berbeda. tidak ada yg mempertengkarkan apalagi bertikai untuk membuktikan bahwa merekalah yg benar2 berpijak di bumi yg satu itu. kenapa kau tidak belajar melihat dgn cara yg sama, bahwa kalian nyata nyata berlindung pda Tuhan Semesta yg satu dan sama, meski kalian berdiri di bawah kubah langit yg berbeda .
Murid .....
Jika Tuhan maha pelindung, pencipta kenapa Tuhan biarkan tindakan2 kekerasan , bahkan pembunuhan terhadap ciptaan nya terjadi diantara sesama manusia, bahkan diantara mereka yg ber Agama, 
Kenapa tidak Tuhan sadarkan mereka dgn cinta kasih ?,
Padahal Tuhan adalah sumber cinta kasih semesta ini, dan apakah Tuhan tidak mampu melindungi ciptaanya ?
Guru menjawab
Mengalami kesadaran adalah tugasmu sendiri dan Tuhan hanya berperan menuntun jalanmu ke arah yg kau tuju. Tuhan menyediakan proses dlm skenario semesta ini untuk membawamu menuju kesadaran semestamu. 
Namun kau sendirilah yg berhak memutuskan, kapan kau akan berjalan ke arah cinta kasih itu dlm tuntunan Tuhan.
Tentukanlah tujuan hidupmu
Pilihlah jalanmu
Maka Tuhan akan menuntunmu.
Tugasmu bukan mengubah orang lain menjadi lebih baik namun lebih untuk mengubah dirimu sendiri menjadi lebih baik.

Murid...
begitu susah rasanya menemukan ketenangan dlm hidupku ini seakan ada ribuan hantu hadir di dalamnya untuk selalu mengganggu kenyamanan dan keyakinanku.
Dan adakah cara untuk melihat wujud hantu2 itu ajarkan pula aku cara mengusir mereka 
Guru menjawab
ketidaknyamanan dalam hidupmu sesungguhnya lebih disebabkan oleh hantu2 dalam dirimu.
wujud mereka adalah kemarahan, dendam, kecemasan pada sesuatu yang tak pasti, kebencian, kesulitan menerima kenyataan hidup dan berbagai pendaman emosi negatif lainnya.
Mereka adalah kuasa kegelapan dalam diri maka untuk mengusir mereka, nyalakanlah cahaya terang di hatimu dgn pengetahuan dan pemikiran positif. 
Ibaratnya seperti menjalankan Tri Kaya Parisudha
Dimana Pikiran, kata-kata dan perbuatan positif adalah doa paling ampuh untuk mengatasi kehadiran mereka .
Murid
Terimakasih guru semoga jiwa ini slalu eling
dan waspada menyikapi segala sesuatu di alam ini
dan memanang menilai dgn mata kebijaksanaan.
Dan sebagai renungan :
***