Lacur

Lacur artinya miskin dalam bahasa Balinya;

Namun dalam perumpamaan biasanya kata ini berarti sial, celaka dll

Tetapi Kalo dapat banyak merasa tak cukup itu namanya dalam tetingkesan "metapa lacur".

Dalam salah satu artikel Hindu Dharma di fb disebutkan;

Anak lingsir pernah bertanya, 

Manakah yang kamu pilih "Dapat banyak tapi kekurangan" atau "Dapat sedikit tapi bersisa" ???

Dan itulah disebutkan di Bali sebagai renungan dalam mencari nafkah;

Yadiastum abedik sakewale mesari; diastun liu sakewale tetep kuwangan. 

Artinya :
Didalam kita hidup mencari nafkah lakukan dengan jujur sesuai dengan swadarma biarpun sedikit tetapi bermanfaat dan berkecukupan buat keluarga

Kalau dapat banyak tetapi dengan cara curang atau merugikan orang lain pasti tidak bermamfaat bagi keluarga dan akan selalu kekurangan.

Semua bermula dari keinginan kalau keinginan besar pasti perlu pengeluaran besar tetapi kalau keinginan kecil pengluaran juga kecil, hukum sebab akibat.

Meutsahe meduluran karye sane patut, gumanti patut taler sepengrawuh mertane...akueh lan akidik sampun nganutin utsahe sapunike.

Ini berarti tentang bagaimana proses untuk mendapatkan hasil dan cara mensyukuri hasil tersebut. 
  • Hasil yang didapat dengan cara panas (") biasa sebanyak apapun itu pasti tidak dapat dinikmati dengan nikmat dan habisnya pun biasanya tidak bermanfaat, 
  • Begitu sebaliknya jika hasil yang didapat dengan cara adem dan benar (menguras keringat) sekecil apapun itu pasti akan ternikmati.
Dan semiskinnya kita disebutkan sebenarnya kita masih punya banyak untuk dapat dijadikan sebagai pemberian kepada pada orang lain sebagai salah satu tujuan yadnya.

 ***