Pernapasan

Pernapasan (#Pernafasan) merupakan kunci untuk menciptakan ketenangan dan konsentrasi sebelum melakukan sembahyang yang meliputi :
  • Puraka (menarik nafas), 
  • Kumbhaka menahan nafas 
  • dan Recaka menghembuskan nafas.
Cara bernapas pada tahap dasar meditasi Hindu disebutkan dapat dilakukan yakni menarik napas lewat hidung dan membuangnya perlahan melalui mulut. 
Dalam meditasi Kundalini, pengendalian napas disebut pranayama. Tak hanya membangun konsentrasi, pranayama juga akan memengaruhi suasana hati dan pelepasan energi.
Selain rasa tenang yang dihasilkan dari mengatur pernapasan, bernapas dalam pola hitungan detik juga dapat meningkatkan konsentrasi Anda. 
Untuk itu, pastikan tarikan dan buangan napas Anda selalu dalam hitungan detik yang konsisten.
Untuk menciptakan keteraturan ritme, 
Anda perlu merasakan sensasi pernapasan pada dada, perut, atau bahu. 
Bernapaslah sambil berhitung untuk membentuk keteraturan pola pernapasan. Wajar jika Anda merasa sedikit kembung. 
Jika pikiran mulai terdistraksi, kembalilah berfokus pada hitungan pernapasan. Dengan begitu, pengendalian pernapasan menjadi kunci konsentrasi Anda.
***