Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Ibadah

Ibadah (dalam kamus agama Hindu Bali) artinya Bhakti, Muspa & Maturan.
  • Bhakti yaitu pengabdian tanpa pamrih.
  • Muspa untuk dapat memusatkan pikiran dan membersihkan atma atau jiwa kita.
  • Maturan, yang artinya menyampaikan persembahan dengan sembahyang dan mempersembahkan apa saja yang merupakan hasil karya sesuai menurut kemampuan dengan perasaan tulus ikhlas.
  • Tempat ibadah sebagai ciri khas setiap agama.
Perpaduan dan kombinasinya akan menjadi sangat unik dan menjadi ciri khas tersendiri.

Pemeluk Hindu Dharma yang juga disebut sanatana dharma menyatukan keyakinan, ibadah, dan perilaku yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari.
Dimana dalam prinsip yang jelas, Hindu mengajarkan bahwa dosa-dosa dalam kehidupan tidak dapat dihapuskan hanya dengan kepercayaan dan ibadah saja, namun harus pula diimbangi dengan perilaku dharma untuk dapat mencapai tujuan hidup.
Dan Veda memberikan jalan yang terbuka bagi umat manusia yang ingin mencapai kebahagiaan lahir bathin dalam pola hidup sederhana namun berpikiran tinggi dan mulia, atau populer dengan istilah: "simple living high thinking".

Veda juga tidak menginginkan umat manusia bertindak hanya di atas landasan keberadaan tubuh (just on the bodily platform of existence),
tetapi hendaknya lebih menekankan pada tendensi kesehatan spiritual.
Dari aspek spiritual yang sehat akan terwujudlah emosional yang sehat, serta intelegensial dan physical yang sehat pula. Demikian sebagaimana ditambahkan sebagai kekuatan jati diri umat Hindu Banten dan Ajeg-Bali dalam Era Globalisasi saat ini.
***