Tahukah Anda ? *) Pencarian data

Kunti

Dewi Kunti adalah istri pertama dari Raja Pandu sebagai salah satu tokoh mahabharata yang asal usulnya dalam sumber kutipan tersebut, Dewi Kunti merupakan putri dari seorang raja dari Kerajaan Surasena yang pada saat masih bayi diadopsi oleh Raja Kuntiboja yang tidak memiliki anak, dan semenjak itu ia diberi nama Kunti. Setelah Kunti menjadi putrinya, Raja Kuntiboja dianugerahi anak.

Setelah Kunti menginjak dewasa, pada suatu hari kunti hamil dan pada saat itu Kunti tidak ingin memiliki putra semasih muda, maka ia memasukkan anak tersebut ke dalam keranjang dan menghanyutkannya di sungai Aswa. Kemudian putera tersebut dipungut oleh seorang kusir di keraton Hastinapura yang bernama Adirata, dan anak tersebut diberi nama Karna.

Entah berapa tahun lamanya, Kunti dinikahi Pandu, seorang raja di Hastinapura sebagai istri pertama yang melahirkan 3 orang putra laki - laki sebagai anugerah dari para Dewa yaitu :
Dewi Kunti yang memiliki mantra sakti dari Resi Durwasa yang mampu untuk memanggil para Dewa-Dewi di sorga sesuai dengan yang dikehendakinya yang dalam sastra kuno khususnya dalam teks Lontar Kunti Yadnya dalam lontar tentang upacara agama hindu disebutkan,
***