Kalika

Kalika (Sang Batur Kalika) adalah anak buah dari Dewi Durga yang dalam Lontar Siwagama disebutkan dahulu bernama Dyah Mayakresna yang dikutuk oleh Bhatara Guru sebagai pahala atas kejahatannya membunuh suami-suaminya yang kini telah menjadi bhuta kala sehingga dapat menyebabkan terganggunya kehidupan manusia dan alam ini.
Dan Bahayanya lagi, Kalika ini disebutkan berbadan halus yang juga dapat menyusupi seseorang untuk dapat berbuat tidak semestinya ataupun kesurupan.
Dahulu diceritakan, pada suatu hari Dewi Kunti (Ibu tiri dari Nakula dan Sahadewa) pulang ke keraton Amarta, Batari Durga menyuruh seorang anak buahnya bernama Kalika untuk menyusupi badan Dewi Kunti. 
Dalam keadaan disusupi badan halus Kalika, di hadapan anak-anaknya Pandawa, Dewi Kunti menyatakan maksudnya akan mengorbankan jiwa Sadewa pada Batari Durga.
Selain itu Kunti juga mengancam, jika para Pandawa lainnya tidak setuju maka ia akan menjatuhkan kutukannya. Maka Sadewa pun digelandang menghadap Batari Durga. Keempat saudaranya yang lain, tidak ada yang berani bertindak.
Sehingga untuk dapat menghindari hal tersebut disebutkan secara niskala dilakukan dengan Nyupat Bhuta Kala ini hendaknya juga mempergunakan sarana-sarana bebantenan bhuta yadnya seperti : Banten segehan atau banten caru dalam tingkatan madya dll agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
***