Aja Were

Tujuan Beragama

Tujuan Beragama ada tiga sebagaimana tertuang dalam kitab sarasamuscaya sebagai warisan leluhur nusantara yang sebagaimana disebutkan yaitu :
  • Swa Artha berarti untuk membenahi diri sendiri agar menjadi manusia yang berkualitas baik secara moral maupun mental, beragama juga harus menimbulkan kepedulian akan kesehatan, kepedulian akan pendidikan dan kepedulian akan hubungan sosial.
  • Para Artha berarti untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh sesama ciptaan Tuhan. Di dalam menjalankan ajaran agama ada baiknya melakukan interaksi dengan sesama yang ada dilingkungan sekitar untuk bisa mengoreksi diri sendiri dan menciptakan hubungan sosial yang makin baik.
  • Parama Artha berarti untuk meningkatkan keyakinan kita terhadap sang pencipta dan makin percaya tentang kekuasaan pencipta kita.
Demikianlah disebutkan makna beragama dan beryadnya dalam ajaran Hindu untuk dapat menjalankan rasa bhakti umat pada leluhur dan kepada Tuhan sebagai sang pencipta.
Karena kasih sayang dan saling menghormati terhadap sesama mahluk hidup sebagai ciptaanNya adalah prinsip dari ajaran Dasa Paramartha yang baik digunakan dalam kehidupan sehari - hari.
***