Swa Artha

Swa Artha berarti untuk membenahi diri sendiri agar menjadi manusia yang berkualitas baik secara moral maupun mental.
Sebagai salah satu tujuan beragama yang juga dikatakan harus dapat menimbulkan kepedulian akan kesehatan, kepedulian akan pendidikan dan kepedulian akan hubungan sosial.
Dalam suku katanya Swa Artha dapat berarti :
  • Swa artinya diri sendiri
  • Artha artinya pemenuhan benda duniawi sebagai penunjang hidup.
Karena benda – benda atau uang sebagai salah satu alat untuk mencapai tujuan. Maka sering juga disebut dengan Artha.

Jadi beragama harus mampu membangun sikap yang mensinergikan tiga sasaran yaitu swa artha, para artha, dan parama artha, menjadi satu kesatuan sikap dari penganut agama, Tri Hita Karana tidak hanya ……….. pada adanya tempat pemujaan, adanya hubungan kemasyarakatan, dan sebagai tempat hidupnya manusia.
Karena dalam ajaran agama Hindu terdapat konsep-konsep hubungan yang harmonis dan serasi antara sesama manusia yang kaitannya dengan Tri Hita Karana. 
Dalam usaha mewujudkan suatu persatuan dalam kondisi kebersamaan yang harmonis, dinamis, humanis dan produktif dalam artian lahir batin seperti yang tertuang dalam nantra RgVeda X. 191. 2 adalah sebagai berikut :
Sam gacchadhivam sam vadadhvam
Sam vo mamansi janatam
Deva bhagam yatha purve
Sanjanam upasate
Artinya
Wahai umat manusia, anda seharusnya berjalan bersama sama, berbicara bersama sama dengan pikiran yang sama, seperti halnya para pendahulumu bersama-sama membagi tugas mereka, begitulah anda semestinya memakai hakmu.
Untuk mewujudkan tujuan hidup mencapai catur purusha artha, setiap orang wajib melakukan swadarmanya sebagai umat manusia sesuai dengan keberadaannya masing-masing, namun dalam kehidupan empiris banyak pihak yang tidak dengan sungguh-sungguh melakukan Dharmanya. 
Misalnya seorang pedagang makanan harusnya menjual makanan yang sehat, bersih dengan harga yang adil pada masyaraka, demikian pula masyarakat pembeli seharusnya membayar barang yang dibelinya sesuai kesepakatan dengan pedagang.
Demikian ditambahkan SMK BatuBulan dalam konsep tri hita karana secara mantap, kreatif dan dinamis akan terwujudnya kehidupan harmonis yang meliputi pembangunan manusia seutuhnya yang astiti bhakti terhadap Sang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa, cinta kepada keselarasan lingkungan serta rukun dan damai dengan sesamanya.
***