Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Sat Cit Ananda

Sat cit ananda adalah kebahagiaan yang tertinggi yang dalam Acintya Bedhaabheda Tattva disebutkan bahwa :
  • Sat artinya kekal, Tuhan Maha Kekal. 
  • Cit artinya penuh pengetahuan (full of knowledge), Tuhan Maha Tahu, segala pengetahuan berasal dari Beliau. 
  • Ananda berarti penuh kebahagiaan (full of bliss)
Setiap orang pada hakekatnya dapat mencapai moksa yang dalam berbagi ilmu disebutkan asal mereka mengikuti dengan tekun jalan yang ditunjuk oleh agama
Jalan yang ditunjuk oleh ajaran agama untuk mencapai moksa yaitu Catur Marga Yoga. Ajaran Catur Marga Yoga dapat ditempuh oleh semua orang dengan menyesuaikan kemampuan dirinya masing-masing.
Sesungguhnya jalan Catur Marga tersebut dalam prakteknya telah dilaksanakan dalam satu kesatuan yang utuh, namun dengan meletakkan satu penonjolan tertentu dari jalan-jalan tersebut. 
Seseorang yang menempuh jalan bhakti marga yoga juga telah melakukan marga yoga yang lainnya, tetapi dalam porsi yang lebih kecil, demikian pula yang lainnya. 
Moksa itu dapat dicapai di dunia ini artinya semasih kita hidup. Dan dapat pula dicapai setelah hidup ini berakhir. 
Kebebasan alam sorga, alam swah loka dan neraka, alam bhur loka yang dicapai oleh seseorang yang ada dalam ajaran agama Hindu, bukanlah merupakan tujuan hidup yang tertinggi. 
Karena konsep alam sorga dan neraka hanya merupakan penomena yang dialami oleh atma seseorang bersama karma phalanya masing-masing pada waktu hidupnya di dunia. Dalam kehidupan di dunia dapat menumbuhkan adanya rasa cinta.

Karena dengan adanya rasa cinta kasih seperti halnya dahulu, juga disebutkan para panca tirtha terhadap umatnya di Bali, beliau kembali menurunkan ajaran beliau yaitu “Lalita Hita Karana” yang arti bebasnya “Jalan Menuju Kebebasan” 
sebagai pendekatan operasional, dalam mewujudkan tujuan konsep “Tri Hita Karana” sehingga terwujud keharmonisan dan kebahagiaan di dunia ini dan parahyangan sebagai sthana Ida Sang Hyang Widhi, Tuhan Yang Maha Esa.
***