Adi Guru Loka

Adi Guru Loka adalah para sulinggih sebagai pemimpin dan guru utama dalam masyarakat yang telah mampu mengapresiasi empat unsur pokok agama Hindu, yaitu :
  • tattwa, ajaran ketuhanan yang diyakini kebenarannya.
  • tata susila, acuan yang mendasari kebenaran dari tata nilai
  • acara agama, bentuk pelaksanaan ajaran agama yang tercermin dalam kegiatan praktis untuk menunjukkan rasa bhakti dan kasihnya.
  • parisada.
Adi Guru Loka sebagai guru yang terkemuka yang dalam menuju pencerahan, pandita masa depan sebagaimana disebutkan seorang pandita itu tidaklah mereka yang hanya diupacarai sebagai pandita dan berbusana pandita melalui proses diksa
Mereka yang dinyatakan sebagai pandita hendaknya mereka yang juga sudah memiliki ciri-ciri seperti yang dinyatakan dalam Kekawin Nitisastra 1.6 yang seperti kutipan di atas. 
Umat yang terpanggil untuk menjadi pandita seyogianya melalui proses pendidikan dan latihan keagamaan Hindu yang ketat. 
Peningkatan kecerdasan baik pendidikan dan latihan itu dapat dilakukan dalam bentuk pendidikan dan latihan yang bersifat tradisional maupun dalam bentuk pendidikan modern. 
Setelah adanya berbagai kemajuan di mana telah dapat diwujudkan sifat dan sikap hidup seperti apa yang dinyatakan dalam Nitisastra 1.6 tersebut barulah upacara diksa dan busana pandita dikenakan.
***