Perbedaan antara Religius dan Spiritual

Ada beragam perbedaan namun hendaknya kita disebutkan harus seimbang.

Menurut definisi awam, orang religius adalah orang yang agamis, rajin ibadah, terkadang dari penampilannya terlihat (sengaja diperlihatkan), menampilkan simbol-simbol agama.
Dan dalam kehidupan sehari-hari, mereka cendrung memiliki sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya

Dan apa itu spiritual? 
Merujuk kamus Bahasa Indonesia, spiritual berhubungan dengan atau bersifat kejiwaan seperti rohani atau bathin yang disebutkan bertujuan untuk dapat mencapai keseimbangan (sthitapraj├▒a) serta kesucian

Fenomena yg terjadi saat ini sangat memprihatinkan. Kita dikenal sebagai bangsa yang religius,

Banyak orang taat beragama, tempat ibadah ada dimana-mana.
Tapi ternyata kejahatan terus terjadi, korupsi dan fitnah merajalela.

Kita sudah lazim menonton warga yang taat beribadah dan sebagainya namun tiba-tiba dikejutkan tokoh tersebut melakukan korupsi alias menjadi maling uang rakyat. 
Rajin ibadah sekaligus rajin fitnah, teror, adu domba dan sebagainya. Inilah yang disebut kita menjadi sosok religius, belum berada pada tingkatan spiritual.

Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak mampu membawa perbedaan antara yang beragama dengan yang tidak.

Kita masih terpaku pada “religius”, bukan “spiritual”.

Orang spiritual adalah orang yang baik, bukan hanya dalam menjalankan perintah agama saja, atau di tempat ibadah saja, tapi ia baik dimanapun ia berada.

Apakah kita bersikap sebagai pribadi religius atau spiritual? Apa yang membedakan dua hal tersebut?
Ada 5 perbedaan antara religius dengan spiritual :
  1. Orang religius adalah orang yang percaya bahwa Tuhan itu ada. Sedangkan orang spiritual adalah orang yang percaya bahwa Tuhan itu hadir. 
    • Orang melakukan perbuatan tidak baik karena ia berpikir Tuhan hanya ada, tapi tidak hadir. 
    • Sedangkan orang spiritual berpikir bahwa Tuhan ada di manapun dia berada.
  2. Orang religius adalah orang yang merasa paling suci dan paling benar. Orang spiritual adalah orang yang melihat semua orang adalah setara, semua punya kelebihan dan kekurangan.
  3. Orang religius adalah orang yang mudah melihat perbedaan, dan sensitif dengan perbedaan. Orang spiritual adalah orang yang mudah melihat persamaan, mau menerima perbedaan, mau mendengarkan orang lain.
  4. Orang religius adalah orang yang hanya mementingkan simbol-simbol agama dan ritual agama saja. Orang spiritual adalah orang yg menyembunyikan ibadahnya dari orang lain, dan mempraktekkan keagamaan nya dimanapun dan kapanpun.
  5. Orang religius adalah orang yg baik dalam urusan ibadah saja. Orang spiritual adalah orang yang baik dalam semua urusan, karena menganggap semua urusan adalah ibadah. 
    • Tanpa spiritual, ibadah yang dilakukan hanya menjadi ritual semata. 
    • Ritual agama diperlukan, tapi harus dilakukan dengan kesadaran dan cinta kepada Tuhan. 
      • Religius adalah cara untuk meraih spiritual. Kita bisa menjadi spiritual tanpa melakukan hal-hal yang religius. Namun hal itu belumlah lengkap, karena beragama tanpa ibadah tidaklah lengkap. 
      • Untuk memasuki wilayah spiritual kita harus ingat dengan esensi dan hakekat kita ada di dunia ini, dan mencari makna dari setiap yang kita lakukan.
  6. Orang religius exclusive namun orang spiritual membumi.
Maka dari itu disebutkan bahwa jadilah seorang yang religius dengan kecerdasan spiritual.

Demikian disebutkan sebagaiman dikutip dari salah satu artikel Agung Ayu Sukreni dalam Hindu di fb.
***