Aja Were

Vedism

Vedism adalah agama kuno Indo Arya ini populer sekitar tahun 1500 sebelum Masehi atau 500 sebelum Masehi.

Vedism adalah salah satu agama pernah ada di dunia, kini peradabannya telah punah.
Ajaran agama ini kemudian dianggap sebagai perwujudan dari agama Hindu modern. Keduanya memiliki ayat-ayat kitab suci yang sama seperti dalam Weda.
Tetapi terdapat satu perbedaan antara keduanya. Yakni terdapat Saptapata Bhrahmana Vedisme sekitar tahun 700 sebelum Masehi. Agama ini dianggap merupakan agama politeistik yang berhubungan dengan alam.

Dalam keyakinan agama ini, terdapat dua kategori dewa. Yakni Deva, sang dewa alam, dan Ashura yang merupakam dewa moral.

Peran pemimpin atau imam dalam agama ini cukup sentral dalam berbagai upacara. Menurut salah satu peneliti bernama Antonio, agama Hindu kuno mungkin muncul dari imigran Indo Eropa di kawasan Zarashan yang sekarang bernama Uzbekiztan dan Persia yang kini bernama Iran.

Dalam catatan menuju pencerahan, Agama Kuno Vedisme dikatakan bersumber dari Peradaban Atlantis
Teks ini dianggap penting dan mengungkapkan peristiwa yang dijelaskan dalam buku Shatapatha Brahmana ke-14 menjelaskan hubungan jelas dan kuat dengan mitos siklus Osiris dan mitos perbintangan dari seluruh dunia. 
Awalnya, hal itu mungkin tampak membingungkan dengan ketidakjelasan deklarasi dan deskripsi misterius. 

Tapi teks agama kuno dilengkapi dengan pemahaman tentang sistem metafora langit umum untuk suci mitos yang terkait dengan sistem dari Afrika ke Australia, Norwegia ke Indian-Amerika Utara, dan dari Akhaya (Yunani kuno) ke Aotearoa (Selandia baru). 
Hubungan menarik menegaskan keadaan agama kuno dan suara ilahi membisikkan makna yang sebelumnya tersembunyi.
Identifikasi Wisnu dan Osiris setidaknya dalam teks agama kuno Shatapatha Brahmana dapat ditemukan, bahwa Wisnu sering digambarkan berkulit kebiru-biruan seperti Osiris yang juga sering digambarkan dengan kulit biru atau hijau (karena dia dianggap sebagai mayat). 

Rishi Dadhyank disebutkan dalam teks agama kuno sangat erat kaitannya dengan senjata khusus yang disebut Vajra, menyerupai Djed kolom suci Mesir kuno dan Osiris. Ada juga teks Vedisme yang mengindikasikan bahwa Vajra awalnya dibuat dari tulang kuda berkepala Dadhyank.
***