Aja Were

Sarwa Rogha

Sarwa Rogha artinya segala macam penyakit yang dapat menimbulkan leteh.
Suatu keadaan yang kotor seperti munculnya segala macam mrana yang dapat menyerang semua mahluk hidup termasuk manusia, binatang dan tumbuhan.
Dimana dalam Hindu Dharma sering diungkapkan,
Biarpun seseorang rajin sembahyang, suka mebantenan/ibadah, rajin mendengarkan ceramah keagamaan, aktif di tempat sembahyang, dan lainnya, 
Bukan berarti dia kebal terhadap penyakit.
Perbuatan" baik yang dilakukan sekarang memang memberikan karma baik, namun kapan karma baik itu dipetik, menunggu waktu.
Bisa datang sekarang, bisa juga dikelahiran berikutnya.
Demikian jangan terlalu percaya diri dengan berpikir bahwa dengan rajin sembahyang, taat pada agama atau sering mendengarkan atau berceramah, datang mengunjungi tempat sembahyang dan lainnya, dia akan terhindar dari penyakit dan bahaya.
Penyakit bukan berasal dari Brahman tapi berasal dari ulah manusia yang kotor alias jorok, yang membuat lingkungan jadi kotor dan rusak seperti banyak sampah, udara dikotori, pohon ditebang, sumber air bersih dikotori, dll.
  • Tempat tinggal yang tidak sehat tanpa jendela terbuka, kurang dapat sinar matahari, berdebu, ventilasi buruk dll.
  • Makanan yg buruk seperti komsumsi daging setiap hari, pakai pemanis buatan, mecin, bumbu penyedap, bumbu instan yang bukan terbuat dari rempah segar, tidak suka buah dan sayuran, suka minuman keras, makanan siap saji, merokok, dll.
  • Gaya hidup yg buruk seperti malas bergerak, kurang olah raga, jarang berjalan kaki, suka begadang, berjudi, pelesiran, pergaulan bebas dll serta kurang istirahat atau susah tidur karena banyak kegiatan.
Setiap tindakan berbuah baik atau buruk.
  • Perilaku kotor/jorok menimbulkan penyakit, perilaku bersih menimbulkan kesehatan.
  • Perilaku jahat menimbulkan masalah, perilaku baik menimbulkan kesejahteraan.
***