Rsi Gotama

Rsi Gotama adalah seorang pertapa yang pada zaman dahulu terkenal dengan pengetahuan sejati yang tertuang dalam kitab Nyaya dalam filsafat Hindu Dharma yang dapat menuntun kita kedalam kegiatan praktis.
Dimana dalam sebuah kisah, beliau diceritakan hidup pada zaman Raja Bhagiarta yang merupakan leluhur dari raja Dasarata dalam kisah Ramayana.
Dalam rahasia kehidupan cupu manik astagina yang menjadi malapetaka keluarganya, Beliau disebutkan memiliki istri yang bernama Dewi Windradi / Indriati dengan memiliki 3 orang putra yaitu :
  • Dewi Anjani, 
  • Subali 
  • dan Sugriwa sebagai raja dari para wanara di kerajaan Kiskenda.
Rsi Gotama juga diceritakan merupakan seorang pertapa yang pada zaman dahulu juga berjasa dalam menurunkan air suci Gangga yang sebagaimana dikisahkan dari penyelamatan leluhur Raja Bhaghirta dikisahkan :

Konon, tersebutlah pada zaman dahulu, 
Ketika aliran air suci Gangga akan menjadi sumber kehidupan dari peradaban Bangsa India Kuno;
Ketika itu, diceritakan Dewi Parwati memanggil kedua puteranya, yaitu Dewa Ganesha dan Dewa Kumara / Kartikeya. 
Atas saran Dewa Ganesha, Raja Bhagiratha meminta bantuan Resi Gotama sebab hanya dia yang dapat membuat Dewa Siwa terkesan.

Dewa Ganesa, Dewa Kartikeya dan Raja Bhagiratha pun menuju asrama Resi Gotama dgn menyamar sebagai kaum brahmana.
Dengan kekuatan pikirannya, Ganesha membuat sapi2 di asrama tersebut menjadi gila dan mengamuk. 
Mengetahui hal tersebut, sang resi memukul sapi tersebut dan sapi tersebut sampai mati.
Setelah Resi Gotama membunuh seekor sapi, suasana asrama menjadi gempar sebab sang resi melakukan sebuah dosa besar.

Dewa Ganesha menyarankan agar sang resi menyucikan dirinya dengan air Gangga yang terdapat di dalam gelungan rambut Dewa Siwa. 
Sang resi mematuhi saran tersebut, lalu ia memuja Dewa Siwa dan memberinya persembahan sehingga Dewa Siwa senang dan terkesan.
Atas permintaan Resi Gotama, 
Dewa Siwa mengizinkan Gangga keluar dari rambutnya dgn memberikan suatu celah kecil dan Air Suci Gangga tersebut mancur dari gelungan rambut Dewa Siwa dan menyucikan Sang Rsi.
Setelah air Gangga menyucikan Rsi Gotama, Dewa Ganesha meminta ma'af pada sang rsi karena ia telah membuat sang rsi melakukan kesalahan
Rsi Gotama tersentuh dgn kejujuran Dewa Ganesha. Ia juga memberkati Bhagiratha setelah tahu bahwa rajalah yg telah membuat Air Suci Gangga turun ke bumi.
Nah demikianlah dikisahkan air suci gangga dalam jasa besar Rsi Gotama yang akhirnya pengorbanan suci Raja Bhagiratha membebaskan leluhurnya dari penderitaan dan kesengsaraan, juga memberikan keselamatan, kedamaian dan mencapai surga.
***