Aja Were

Dadong Guliang

Foto Instagram Dadong Guliang
Dadong Guliang adalah seorang nenek yang semasa hidupnya pada zaman dahulu dikenal sakti mandraguna oleh penduduk Desa Akah Klungkung.

Kuburan Dadong Guliang sampai sekarang dikenal sangat angker. Selain itu,
Kuburan Dadong Guliang juga diyakini memiliki dimensi niskala yang bertuah untuk berbagai hal. Kuburan Dadong Guliang sendiri diyakini memiliki berbagai dimensi niskala
Jika ada bayi yang menangis tiada henti-hentinya, maka orangtua si bayi biasanya mencolek tanah Kuburan Dadong Guliang. Begitu tanah kuburan dioleskan ke dahi si bayi, biasanya spontan tangisnya akan reda.
Banyak warga datang ke Kuburan Dadong Guliang untuk memohon keturunan dan kesembuhan. Hanya saja, tidak semua mereka yang mohon berkah keturunan di kuburan ini terkabulkan permohonannya. Bukan hanya itu, tak sedikit pula warga yang datang buat mohon nomer togel di Kuburan Dadong Guliang. 
“Tapi, berdasarkan pengamanan saya, warga yang datang ke Kuburan Dadong Guliang lebih banyak memohon kerahayuan (keselamatan) dengan sembahyang,” katanya.
Sementara itu, menantu dari I Ketut Konten, pemilik tegalan di mana Kuburan Dadong Guliang, yakni Ni Wayan Sukerti, mengaku setiap pagi pihaknya rutin menghaturkan banten sodan di areal kuburan tersebut. 
Menurut Wayan Sukerti, ritual tersebut dihaturkan atas petunjuk orang pintar. “Sejauh ini tidak pernah ada ganguan apa-apa di pekarangan rumah kami,” cerita Wayan Sukerti.
Tidak ada yang tahu pasti, kapan Dadong Guliang meninggal dunia dan dibuatkan kuburan. Yang pasti, yakni di areal Kuburan Dadong Guliang hanya terdapat sebuah pohon mengkudu yang usianya sangat tua, juga dibangun sebuah pelinggih untuk menghaturkan persembahan berupa banten sodan, banten saiban, dan sebagainya yang dibangun pada tahun 1999 oleh I Ketut Konten dan keluarganya setelah menantunya yang sakit-sakitan berhasil sembuh ketika "nunas tamba" untuk pengobatan tradisional disana.
***