Aja Were

Kuburan

Kuburan adalah tempat berkumpul para roh yang masih teringat dengan jasad mereka dalam pergolakan bathin dan pergolakan berbagai macam energi.

Pada dasarnya, dalam setiap keyakinan dan kepercayaan mempercayai bahwa roh atau atman bersifat abadi yang pada nantinya akan kembali kepada penciptaNya. .
Karena dalam perjalanan sang roh setelah hari kematian, disebutkan diawali dari proses kematian; dimana sang atman / roh akan meninggalkan badan sarira kosha yang sifatnya sementara dan tidak abadi di dunia ini.
Kuburan dalam pengetahuan rohani:

Dahulu dalam tradisi Tantra, sebagian aktifitas penganut Tantra juga dilakukan di kuburan.
Namun bagi orang awam, dikatakan bahwa hal ini akan menimbulkan prasangka dan tuduhan tidak berdasar dengan menyebut leak ke kuburan untuk memakan mayat atau meningkatkan ilmu hitam.
Tetapi kalau kita membaca lontar “tatwaning ulun setra” kita akan tahu kalau kuburan merupakan tempat yang paling baik bagi praktisi leak.
Inilah sebabnya di Bali dikatakan bahwa, mengapa Leak identik dengan kuburan, sehingga kuburan kini digunakan hanyalah sebagai tempat untuk melakukan proses sementara dalam upacara ngaben sebelum sang atman melanjutkan perjalanannya.
***