Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Guru Sewanam

Guru Sewanam artinya sujud sungkem di kaki guru rupaka seraya mohon maaf dan ampun atas segala kesalahan yang pernah anda perbuat.
Dimana sewanam ini dilakukan untuk dapat mewujudkan suatu keharmonisan dan setiap orang juga dituntut untuk dapat hidup saling melayani.
Pada dasarnya manusia semua pernah berbuat salah...tapi karena mungkin terjadi kemarahan pada anaknya, seorang ibu terkadang tidak sengaja mengutuk atau menyumpahin anaknya sendiri seperti halnya dikutip dari salah satu postingan Hindu di fb. misalnya :
KE PASTUNEN MEME CAI PANG SENG NGELAH NGELAH
Sehingga disebutkan setiap orang hendaknya menyadari akan pentingnya Tri Kaya Parisudha dengan berkata yang benar karena sebuah kutukan akan membawa akibat yang tidak baik.

Banyak orang bilang bahwa sorga ada di kaki ibu, seperti halnya diceritakan dalam epos kutukan Balada Gandari & Drupadi
Ibunya Kurawa yaitu Gandari yang pernah mengutuk Sri Kresna dengan kata-kata yang keras :
Kau Krisna kamu telah membunuh anak2ku semua dengan tangan saudara2nya sendiri, dengarkan pastu ku ini Krisna, 
Kau akan terbunuh dan semua keluargamu dan rakyatmu semua bgt pun kerajaan mu akan hancur ditelan air laut. Akhirnya pastu seorang ibu benar terjadi.
Mungkin karena kutukan itu sudah terlanjur terjadi karena hanya ibu yg memastu dapat mencabut pastunya, dan oleh karena itu maka datanglah ke ibu bapak anda atau pada roh leluhur mereka untuk melakukan Guru Sewanam.

Dan jika anda merasa bersalah pda ibu misalnya.. Timbul kegelisahan dan kehawatiran trus menerus.. Maka itu tandanya ucapan ibu anda mulai menghantui dari dalam hati dan keseharin anda. 
Disarankan : datanglah kehadapan ibu anda dan sujudlah dikakinya. Minta maaflah dg tulus pd ibu dn peluklah ibumu tanda sayang mu pd ibu.
Niscaya ibumu akan memaafkanmu dan slalu menyangi /merestuimu. 

Dan oleh beberapa komentator dalam beberapa solusinya seperti disebutkan sebagai berikut :
Memang kalau sudah membuat ibu mu sedih dan marah sampai mengutuk mu sampai mandi darah kamu kerja ngak bakalan berhasil,
  • Satu2 nya jalan cari hari baik spt tilem/purnama bawa sode dan pejati sungkem di kaki org tua mu cuci kaki mereka dgn air kumkuman sujud dan mohon ampun air cucian mrk kamu minum dan siramkan pd tubuh mu jgn berpikir jijik minum, sujud ring kemulan sadarlah bahwa kamu dgn perantara ibu mu dpt lahir ke dunia sbg manusia dan kamu harus nebus karma mu bukan memperburuk karma mu ,kok jadi anak durhaka ,buktikan kamu benar2 jadi anak yg suputra.
  • Rajinlah melaksanakan persembahyang ring kemulan taksu / rong telu [ 3 ] dan lakukan semadi, mohon maaf kalau kesalahan2 yang diperbuat, baik sengaja maupun tidak sengaja agar di maafkan, dan mohonlah kelancaran rejeki hyang guru dan pada leluhur kita,,,lakukan dengan rajin dan rutin yang juga merupakan kebutuhahan untuk keselamatan sekeluarga.
    • Mekadi tiang maturan ring sanggah kemulan ngaturan pejatian ngelungsur mangde sumpah saking i meme nenten malih berlaku santukan wantah sampun kepastu saking i meme tan preside malih mandi pisan pastu guru rupake solusine sebilang wai maturan ring kembulan wantah preside sareng kalih sareng kurenanne nunas mangde sumpah i meme mangde ical lan nunas pengpure ring merajan kembulane.
  • Seorang nitizwn berkata; 
    • Pengalaman yg sama...sya juga prnah dipastu oleh ibuk sya...dan terjadi dri awal menikah sampai punya anak 3...kehidupan sya pasang surut...sya pulang sya basuh kaki kedua orang tua sya...sya basuh kemuka...dan minum 3 kali...minta ibu biar mencabut pastux...astungkare kehidupan sya sekarang penuh berkah...
***