Tahukah Anda ? *) Pencarian data

Mahluk Hidup

Agama Hindu percaya bahwa semua makhluk hidup itu suci sehingga harus dicintai dan dihormati.
Karena sejatinya terciptanya mahluk hidup di alam ini bersumber dari zat - zat yang berasal dari Tuhan; 
Dan kita hendaknya mensyukuri dan memanjatkan doa atas apa yang telah Tuhan ciptakan. 
Itulah sebagai pedoman dalam pelaksanaan upacara yadnya di Bali seperti dengan melakukan upacara meprani yang bertujuan untuk memohon kesejahteraan semua mahluk (sarwa prani) dan alam semesta ini agar tercapainya keseimbangan dan alam ini menjadi semakin stabil serta suci nirmala.

Pentingnya DOA yang dipanjatkan untuk semua mahluk dalam kutipan sebuah keterangan photo pada group Hindu di fb yang sebagaimana dikatakan bahwa :

Selama ini mungkin saja kita hanya berdoa untuk diri kita sendiri dan keluarga. 
Hal ini masih memungkinkan timbul rasa benci dan iri terhadap yang lainnya. 
Dan cobalah tambahkan mantra universal ini : 'Samastha Lokha Sukhinoh Bhavantu' di akhir doa kita. 
Maka jangkauan doa kita menjadi lebih luas, meliputi seluruh makhluk hidup di alam semesta (alam yg kasat mata dan alam yg tidak kasat mata)
"Om Samastha Lokha Sukhinoh Bhavantu" semoga semua makhluk di alam semesta ini berbahagia.
Sebagai pemeluk agama Hindu, juga dikatakan bahwa, cobalah mulai hari ini kita lebih perhatian terhadap semua makhluk hidup, besar atau pun kecil.
Seperti halnya dalam menghayati Tri Kaya Parisudha, janganlah kita berpikir, berkata, dan berniat kasar (ahimsa) kepada mahluk hidup manapun. 
Dengan kata lain, cobalah untuk tidak menyakiti hati dan fisik makhluk hidup lainnya dengan perbuatan, perkataan, atau pun pikiran Anda.
Pertimbangkan untuk menjadi vegetarian. Banyak pemeluk agama Hindu, walaupun tidak semuanya, merupakan vegetarian untuk menunjukkan bahwa mereka peduli dan hormat akan kehidupan hewan.
Walaupun semua hewan dianggap sakral di agama Hindu, sapi dianggap sebagai hewan suci. Berdasarkan kisah kuno agama Hindu, sapi yang pertama, Mother Surabhi, merupakan harta karun yang tercipta dari lautan kosmis.
Demikian dikutip dari id.wikihow.com dalam memeluk agama Hindu, karena agama memberikan kita jalan untuk dapat berhubungan dengan Hyang Suci (Tuhan Yang Maha Esa), untuk berhubungan dengan diri kita sendiri (spiritualitas) dan untuk berhubungan dengan lingkungan, mahluk hidup dan alam sekitar kita.
***