Vegetarian

Vegetarian adalah suatu praktek hidup yang menghindari sejauh mungkin segala macam eksploitasi dan kekejaman terhadap binatang baik untuk konsumsi, sandang atau tujuan lain.

Namun dalam ajaran Ahimsa disebutkan :
    • Bahwasanya Veda tidak pernah mengatakan tidak boleh membunuh binatang yang diperbolehkan dimakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
    • Dan hidup sebagai vegetarian tidak sebagai kewajiban bagi seluruh penganut Veda.
Terlihat di sebuah warung vegetarian (ref) tampak tiga orang sedang bercakap-cakap.
  • Juru parkir (Jp)
  • Sang vegetarian (sv)
  • Bhiksu Budha (Bb)
Jp ; anda vegetarian ?
Sv ; iya pak
Bb ; saya juga
Jp ; anda ikut aliran tertentu ?
Sv ; tidak
Bb ; saya pengikut Budha
Jp ; mengapa anda tidak memakan daging ? Padahal daging kan enak.
Sv ; coba aja makan daging tampa bumbu. Pasti tidak enak.
Bb ; itu ajaran dari guru saya.
Jp pergi karena mau merapikan motor yg parkir. Tinggal Sv dan Bb melanjutkan perbincangan mereka.
Bb ; tadi anda pasti bohong.
Sv ; tidak pak. Saya jujur pak,
Karena yg bertanya orang awam.
Yaa, saya jawab seperti itu.
Bb ; Oo...berarti kalau saya bertanya lain jawabannya.
Sv ; mungkinnn.

Bb ; mengapa anda vegetarian..?
Sc ; gini Pak...
Saya tidak mau, mahluk lain menangis karena saya.
Karena itu saya tidak mau makan makanan yg punya muka. Seperti hewan.
Coba aja anda nyemblih hewan pasti dia menangis kesakitan.

Bb ; wao...anda berbudi luhur.
telor kan ga punya muka.
Apakah anda makan telur dan minum susu ?
Sv ; tidak pak.
Makan 1 telur sama aja makan satu ekor ayam.
Minum susu akan membuat anak sapi merasa tersaingi..

Bb ; anda tidak takut kekurangan gizi ?
Sv ; kuda hanya makan rumput pak.
Badannya besar tenaganya kuat.
Bahkan kekuatannya dijadikan satuan ukur untuk tenaga mesin penggerak (motor ).
HORSE POWER (HP)
Sebaliknya srigala badannya kecil, wataknya pun licik .(srigala berbulu domba kan gitu kata pepatah.)
Jika kita makan binatang...urat sarafnya kan ikut termakan.
Dalam urat saraf itu masih ada kandungan sifat binatang.
Saya tidak mau sifat binatang masuk dalam tubuh saya..karena sifat binatang umumnya buruk.

Bb ; anak- anak kan susah kalau disuruh untuk vegetarian..gemana caranya ngajarin pak ?
Sv ; ajak ke sungai suruh liat bangkai ayam dan mencium baunya.
Bilang kepadanya "gitu juga daging ayam jika ada dalam perutmu kalau kamu makan ayam"
Kepada anak-anak kita boleh berbohong demi kebaikannya.

Bb masuk ke warung lalu memesan paha ayam yg terbuat dari jamur dicampur tepung (kanji).
Sv ; Bapak, kalau kita makan sesatu, sebenarnya pikiran kita pun ikut menikmati.

Jadi kalau Bapak makan ayam walaupun terbuat dari jamur dan tepung...pikiran Bapak tetap tertuju pada ayam sebenarnya.

Bb langsung kaget dan menyembah
" AMPUN GURU" hamba yakin BAPAKLAH GURU SEJATI itu.
***