Tahukah Anda ?

Angsa

Angsa ("swan") adalah wahana bagi Dewa Brahma dan saktinya Dewi Saraswati sebagai simbol widya yang dapat menyaring untuk memisahkan dari kekotoran atau hal - hal yang dapat menyesatkan dalam ilmu pengetahuan. 

Angsa yang merupakan sebangsa unggas dalam kehidupannya memiliki sifat-sifat yang baik, 
  • Tidak suka berkelahi, dan selalu hidup harmonis. 
  • Memiliki kemampuan menyaring makanannya, walau diambil dari dalam lumpur, hanya makanannya saja yang ditelan lumpurnya tidak. 
Demikian disebutkan pengalaman ilmu hendaknya dilandasi kesucian Dewi Saraswati, sehingga dengan pengetahuan yang kita miliki disebutkan agar dapat memberikan kemampuan wiweka, mampu memilih dan membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang benar dan mana yang salah, dan kesadaran pada manusia agar hanya memilih yang baik dan yang benar saja. 

Dalam cerita-cerita ketuhanan misalnya digambarkan bahwa taman indraloka di sorga, alam swah loka kolamnya dihiasi bunga-bunga padma yang indah serta di huni oleh kawanan burung angsa yang bulunya putih bersih.

Angsa dengan bulunya yang putih bersih juga sebagai motif hias ukir - ukiran pada padmasana yang berada diatas burung garuda terdapat angsa yang sedang mengepas-ngepaskan sayapnya sebagai simbol wahana Dewa Brahma dan saktinya dewi Saraswati.
***