Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Mahakali

Mahakali (atau yang disebut dengan Dewi Maha Kali) adalah wujud atau salah satu aspek dari Dewi Durga yang dapat menghancurkan apa saja yang berniat buruk dan yang bersifat tidak abadi.
Seperti juga disimbolkan dalam Arca Durga Mahisasura dalam fungsinya sebagai Dewi Pelebur niat buruk dan membangun niat suci.
Mahakali juga adalah kekuatan Panca Maha Butha Nawa Gni yang bertanggung jawab atas kendali kekuatan seisi bumi ini, yakni angin, api, sinar, air, dan bumi terkendali olehnya. 
"Akibat kesalahan kita, keegoan, kekuatan, dan nafsu keinginan yang luar biasa, telah menimbulkan murka alam sehingga seluruh energi jadi kacau tak terkendali. 
Makhluk astral pun ikut kacau. Lantas semua itu menciptakan pemanasan global atau angkara.
Kata "Kali" dimaksudkan disini sejatinya berasal dari kata Kala, sang waktu; 
  • Beliau adalah inti kekuatan yang terkandung di dalam sang waktu ini yang dapat menghancurkan apa saja yang tidak abadi.
  • Namun Beliau disebutkan adalah petugas Yang Maha Esa dan senantiasa akan abadi. 
  • Di samping itu, 
    • Beliau juga merupakan pengejawantahan dari upacara korban atau Yadnya, 
    • Pengetahuan tertinggi yang berkenaan dengan rokh atau Paravidya dan pengetahuan tentang ilmu sekuler atau Aparavidya (Suhardana, 2008: 106).
Demikian dijelaskan dalam konsep pemujaan rangda di Bali sebagai stana Dewi Durga yang menjadi pelebur dari niat buruk untuk dapat membangun niat suci.

Sedangkan mengenai ciri khas perwujudan Dewi Mahakali ini disebutkan sebagai berikut :
  • Dapat memiliki wujud dengan sepuluh kepala dan sepuluh kaki, 
  • Berkulit biru tua, ibarat mutiara Bilamani; beliau dihiasi dengan berbagai ornament.
  • Bersenjatakan berbagai senjata seperti pedang, cakra, gada, anak panah, busur, pentungan, cambuk (cemeti) dll.
Diceritakan dalam aspek Tamasiknya beliau juga adalah Yoganidra yang sanggup membuat Batara Vishnu tertidur, dan itu dapat berlaku juga di dalam diri kita. 
Kemudian datanglah Sang Brahma yang memohon agar Sang Vishnu dibangunakan dari tidurnya agar dapat mengalahkan asura-asura yang bernama Madhu dan Kaitabha.
Dan sebagaimana ditambahkan untuk memohon anugerah dan berkah kepada Dewi Mahakali juga disebutkan Puja Shiwa Maha Kali Gayatri Mantram yang dapat diucapkan seperti berikut ini :
Om Maha Kalyai Ca Vidmahe

Smasana Vasinyai Ca Dhimahi

Tanno Kali Prachodayat
Ya Tuhan, Dewi Kali yang Maha Besar, Satu dan hanya satu, yang tinggal di Samudra Kehidupan dan di Perkuburan yang melarutkan dunia. Kami memfokuskan energi kami pada Anda, semoga Anda memberikan kami anugerah dan berkah.
***