Selanturnyane

Kimburu

Kimburu adalah sifat orang pendengki dan iri hati sebagai bagian dari dasa mala yang bersifat negatif.
"Terkadang ketika anda telah mencapai hal yang lebih tinggi dan sukses dibandingkan apa yang teman anda dapatkan juga dapat menyebabkan dengki dan iri hati teman anda."
Dan anda tidak pernah tahu, bahwa sikap positif juga dapat menyebabkan perubahan hati dan perasaan teman anda.

Karena mungkin saja mereka tidak menyadari bahwa prestasi tidak datang dengan begitu mudahnya dan seorang teman bisa saja merasa iri atas apa yang anda miliki. 
Wajah rupawan nan catik jelita, pekerjaan dengan penghasilan tinggi, harta benda, keindahan, perhatian dari lawan jenis, atau kenyataan bahwa anda begitu bahagia dan puas dalam hidup dapat membuat teman anda iri hati.
Dalam belajar bahasa Bali, Niki wenten ningeh orte amah leak di warung tuak;

“Kéné ba Bli nasibé dadi jlema Bali, ba gén nyidayang maangkihan abedik, nyujukang warung, ngelah usaha padidi, jeg asli ba ada ané iri tur ngentungin api,” kéto Ni Luh masesambat sambilanga ngabaang sekaané tuak dasa pucung. 
Konyangan anggut-anggut. Konyangan sing ngerti nguda di jaman globalisasi-kompetisi kéné enu dogén ada ané nyalanang hobi jelé cara kéto. “Ulesné, krana léaké masi ba dadi industri ané mengikuti perkembangan globalisasi,” I Kadék Kerikan Gangsa ngemang pendapat. “Yén pidan nak kéwéh dadi léak, malajahné makelo, bratane liu. Jani, nak ba konyangan dadi beli. Ada pakét-pakétné. Kanti ada pakét hemat ané dadi cicil. Mayah satus tali gén ba lakar nyidayang dadi bojog,” I Kadék ngimbuhin. 
Asli jlema ngéndah, ba luung dadi jlema jeg meled pesan pang nyidayang dadi bojog, cicing, tur bangkal. Nguda sing ngléak pang nyidayang dadi Sarah Azhari dogén?

  • Jagalah sikap positif terhadap teman anda. Bertukar getaran negatif hanya akan membuat anda berdua merasa lebih pahit terhadap satu sama lain. 
    • Memang hal itu terasa susah, tapi anda harus mencoba untuk bersikap baik kepada teman yang diam-diam mengharapkan anda jatuh. 
    • Ini mungkin akan menyelamatkan persahabatan anda. 
  • Sikap positif dapat menyebabkan perubahan hati dan perasaan teman anda;
    • Bantulah teman anda untuk dapat merangkul realitas kehidupannya.
    • Motivasi dapat membawa perubahan besar dalam kepribadian mereka, membangun kembali harga diri mereka dan membantu mereka menjalani hidup sepenuhnya.
    • Cobalah tunjukkan rasa perdamaian untuk menghindari mencari permusuhan dari mantan teman.
    • Dll.
Dalam keheningan dan kejernihan jiwa, vibrasi energi positif tersebut juga sebagai landasan/pondasi yang kuat untuk dapat menumbuhkan mental dan moral yang berbudi luhur.
***