Aja Were

Atma Widya

Atma Widya (Atmavidya) adalah pengetahuan tentang atman yang memberi kehidupan kepada semua mahluk hidup di dunia ini. 

Dimana disebutkan atman menurut purana :

Ketika seseorang meninggal, maka roh nya bergerak menuju alam atas megikuti udara di jalan yang didorong oleh roh leluhur menuju alam yang abadi. 

Seseorang yang memiliki kesempurnaan pengetahuan spiritual mencapai Brahman (moksa), sedangkan mereka ang kurang sempurna pengetahuan rohaninya akan mencapai sorga, namun setelah menikmati pahala dari perbuatan baiknya, akan kembali turun menjelma ke bumi. 

Untuk roh mereka yang bersifat awidya akan menuju alam kegelapan yang merupakan pahala dari mereka yang berbuat jahat dan akan kembali menjelma ke bumi.

Sorga adalah tempat roh suci para leluhur dan Dewa Yama. Roh orang yang meninggal akan berjumpa dengan roh suci leluhurnya, ibu, bapak, keluarga, anak dan istri, tidak ada penyakit disana dan tidak ada yang kaya maupun miskin, semuanya sama. 

Kitab Satapatha Brahmana menjelaskan lebih jauh tentang perbedaan antara alam sorga (Svargaloka) yang merupakan sorga para deva dan alam leluhur (Pitraloka). 

Leluhur juga disembah seperti para dewa, dimohon rahmatnya dan memberi perlindungan kepada para penyembahnya serta menghentikan pahala buruk dari keturunannya atas dosanya sebagai manusia yang dilakukan terhadapnya. 

Terdapat beberapa macam sorga yang dinikmati oleh mereka yang berbuat baik selama hidup diantaranya :
  • Mencapai sorga yang letaknya di puncak Mahameru.
  • Selanjutnya untuk roh yang berbuat jahat selama hidup akan menikmati neraka.
***