Daksa

Pada zaman dahulu, dalam Brahma Purana disebutkan bahwa Daksa merupakan raja atas dunia dan rakyatnya yang dikenal sebagai Prajapati dimana dalam Rgveda Bab II.72.4 dikatakan ;
“Aditer dakso ajayata, daksad uaditih pari, Dari aditi (materi) asalnya daksa (energi) dan dari daksa (energi) asalnya aditi (materi)”.

Inilah disebutkan hukum kesetaraan energi dengan materi dalam keseimbangannya yang bersifat abadi sebagai parama anu atau benih kehidupan.

Dan dalam beberapa kisah disebutkan :
  • Beliau merupakan ayah dari Daksayani yang merupakan penjelmaan pertama dari Dewi Parwati yang merupakan sakti dari Mahadewa.
  • Namun karena adanya kesalahan terhadap pelaksanaan upacara yadnya, Beliau pun pernah dilempar Trisula oleh Mahadewa maka kepala beliau sempat putus dan di ganti kepala kambing.
Dan akhir-akhir ini banyak gambar-gambar tentang setan di post oleh rekan netizen di FB. Salah satunya yaitu wujud setan dengan badan manusia berkepala kambing seperti Baphomet yang lahir dari api atau berasal dari api yang sangat di benci dan selalu jadi kambing hitam atas prilaku buruk manusia.

Sejatinya Daksa adalah putra Aditi yang berasal dari api...karena pernah dilempar Trisula oleh Mahadewa maka kepala beliau sempat putus dan di ganti kepala kambing. 
Dimana setelah beliau (Daksa) menyadari kekeliruannya atas Mahadewa maka kepala beliau kemudian di kembalikan seperti semula oleh Mahadewa sendiri.

Sepertinya kisah Setan dalam Agama Samawi adalah datang dari kisah kejahatan Daksa atas Mahadewa. 
Dalam kumpulan Sair Ul Okul memperlihatkan bahwa penduduk arab pada zaman dahulu adalah penganut Siwaisme sehingga sampai detik inipun kita bisa mengenal simbol-simbol Mahadewa pada agama mereka.

***