Aja Were

Apara Widya

Apara Widya merupakan ilmu pengetahuan yang berisi tentang pengetahuan keduniawian yang pada nantinya berguna untuk memenuhi berbagai keperluan kehidupan duniawi ini.

Dalam Hindu Dharma, ilmu pengetahuan ini juga mempelajari bagaimanan perkembangan zaman serta ilmu pengetahuan yang memiliki sifat yang dapat berubah seiring dengan perkembangan zaman. 

Ilmu pengetahuan jenis ini memilki ribuan cabang. jika dilihat dari isinya, kitab Veda Smrti tergolong ilmu pengetahuan Apara Widya, karena Veda Smrti ini tersusun dari cerita-cerita Itihasa, atas dasar kesepakatan para orang suci dan pimpinan lembaga, yang isi memberikan pengetahuan tentang bagaimana kita menjalani hidup. Misalnya :
Karena dalam kehidupan diperlukan keseimbangan untuk menuntun hidup kearah yang lebih baik. Ilmu keduniawian yang banyak kita kuasai apa bila tidak seimbang dengan pengetahuan rohani/keTuhanan maka disebutkan sudah pasti ilmu yang kita miliki tidak bermanfaat baik. Untuk itu, mari kita gali sebanyak-banyaknya Ilmu Pengetahuan Para Widya dan Apara Widya sebagaimana disebutkan.

Dan apapun bisa dipelajari asal dimanfaatkan secara dewasa dan benar;
"Aywa Were tan siddhi phalanya”, 
Artinya dalam belajar memantra;
Kalau ilmu itu disembarangkan jelas dia tidak bermanfaat, tetapi kalau dipelajari dengan suatu sistem dengan tujuan baik akan dapat memberikan manfaat.
***