Peradaban China Kuno

The Kang Ci Wi Parade
Secara etimologis, kata “Cina” berasal dari bahasa Persia yaitu “Chini” yang berarti segala hal tentang negara Cina.

Istilah ini diperkenalkan oleh Marco Polo, seorang penjelajah dari Italia. Para masyarakat asli Cina sendiri menyebut diri mereka sebagai bangsa “Han”, yaitu sebuah nama dinasti dalam sejarah peradaban Cina kuno membangun rasa kebangsaan etnik pertama di sejarah peradaban Cina. 
Peradaban ini berlangsung di sekitar sungai Yangtze dan sungai Huang He (atau disebut juga sebagai sungai kuning). Kurun waktu peradaban ini adalah semenjak 2070 SM hingga 1911 M.
Peradaban Cina kuno menjadi peradaban kuno yang paling lama berlangsung di antara peradaban-peradaban dunia kuno, yaitu selama -+4000 tahun. Ini dikarenakan pergantian dinasti-dinasti yang berlangsung semenjak dinasti pertama yang bernama dinasti Xia hingga dinasti terakhir yang bernama Qing. 
Selepas itu, peradaban Cina masuk ke periode modern yang ditandai dengan berdirinya Negara Republik Cina Pimpinan Sun Yat Sen. 
Beberapa kontribusi besar Peradaban Cina Kuno bagi sejarah peradaban manusia adalah penemuan kertas, bubuk mesiu, sistem uang kertas, dan lainnya.

Demikianlah disebutkan peradaban Cina Kuno adalah salah satu dari para peradaban kuno dalam sejarah peradaban dunia sebagaimana Zenius mengungkapkannya.
***
Dan dalam akulturasi budaya dengan peradaban Bali dalam kisahnya tersirat dalam lambang Barong Landung yang sebagaimana disebutkan sebagai simbol akulturasi kebudayaan peradaban Bali dan China yang tetap dihormati dan lestarikan sampai saat ini.

Ada sebuah pelajaran yang dipetik dari peradaban Cina Kuno dalam memilih seorang raja yang sangat memperhatikan kejujurannya.
Karena orang yang memiliki sifat jujur, biasanya mendapat kepercayaan dari orang lain, dan berkaitan dengan satya untuk dapat membawa manusia pada ketenangan.
Dalam kisah Raja dan bibit pohon, diceritakan di jaman dahulu kala, di China kuno hiduplah seorang raja bijaksana.
Rakyatnya hidup makmur dan damai, tak pernah ada kekurangan dan kelaparan di negri tersebut.
Pada suatu hari, sang raja merasa lelah dan sudah tua, sudah saatnya ia mencari pengganti dirinya.

Namun sayang sekali, ia tak memiliki seorang anak. Maka ia mengutus punggawa kerajaan untuk mengumpulkan 5 pemuda cerdas di negrinya.
Setibanya di dalam kerajaan, kelima pemuda tersebut ternganga melihat indahnya istana raja. Mereka memberi hormat dan menunggu titah sang raja.
"Wahai pemuda-pemuda tampan, cerdas dan bijaksana, hari ini aku akan memilih salah satu di antara kalian menjadi penggantiku," titah sang raja. 
Semua pemuda terdiam dan terkejut, mereka tak menyangka bahwa raja akan memberikan tahtanya pada mereka, namun siapa gerangan yang akan ditunjuk menjadi pengganti raja? "
Untuk menjadi penggantiku, kalian harus mengikuti satu ujian yang akan kuberikan," sambung sang raja. Sang raja kemudian mengambil 5 buah kantong, yang masing- masing kantong terdapat sebuah biji bibit pohon.

"Tanam, rawat dan siramlah bibit ini dengan segenap hati kalian. Kembalilah kepadaku setelah satu tahun dari sekarang, kita lihat bagaimana hasil tanaman yang kalian rawat. 
Dari hasil tanaman tersebut aku akan memilih salah satu dari kalian menggantikan diriku," titah raja.
Semua pemuda bergegas kembali ke rumah mereka dan mencari tanah yang baik untuk
menanam benih yang diberikan oleh sang raja. Demikian juga Ling, salah satu pemuda jujur yang dipanggil sang raja. Ia bergegas menemui ibunya, dan memberitahukan kabar tersebut. Ling dibantu sang ibu kemudian mencari tanah terbaik dan meletakkannya di sebuah pot.
Setiap hari Ling selalu merawat, menyirami benih tersebut. 
Namun hingga bulan ke dua, ketiga, hingga bulan- bulan berikutnya tak sesentipun benih tersebut tumbuh.
Padahal menurut teman-temannya, benih mereka sudah tumbuh menjadi pohon yang subur dengan buah-buah yang mulai muncul. Ling pun sedih, ia sadar bahwa ia telah gagal. Semakin mendekati hari pertemuan di istana, ia semakin bingung. Ia takut bahwa raja akan menghukumnya, namun sang ibu memintanya agar tetap jujur dan bersabar.
Tiba hari di mana sang raja akan memilih pengganti, semua pemuda diminta kembali ke istana dengan membawa semua hasil tanamannya.
Dengan bersedih hati, Ling membawa sebuah pot kecil berisi bibit yang tidak tumbuh. 
Ia tertunduk lesu, sementara semua teman- temannya membawa pohon di pot besar, ada yang berbunga indah, ada pula yang berbuah lebat.
Melihat Ling membawa pot kosong sang raja tertawa, "bagus sekali usahamu," seluruh isi istanapun tertawa melihat Ling yang tertunduk lesu. 
Raja berkeliling dan melihat tanaman-tanaman lain yang menjulang dengan gagah dan indahnya. Terkagum-kagum, raja memandangi tanaman dengan buah ranum yang subur sambil sesekali mengangguk-angguk.

Raja pun meminta masing-masing maju, bercerita tentang usahanya, dan tibalah pada giliran Ling, yang maju bersama sebuah pot kosong "Nama saya adalah Ling," katanya. Sekali lagi seluruh ruangan riuh ramai menertawakannya. 
Ada yang meneriakkan kalimat-kalimat ejekan pedas yang membuat Ling semakin malu dan sedih.
Sang raja kemudian berkata,
"Baiklah, aku sudah menemukan siapa yang akan menjadi penggantiku." Ruanganpun senyap seketika menantikan titah raja selanjutnya.
Ia kemudian menggandeng tangan Ling, dan mengumumkan Ling sebagai penggantinya. Seketika semua orang terkejut, namun mereka tertunduk memberikan hormat.

"Sebenarnya, bibit yang kuberikan pada kalian setahun lalu adalah bibit yang sudah busuk. Sangat tidak mungkin menghasilkan tanaman yang lebat dengan buah- buah ranum dan bunga- bunga indah dari mereka. Ling, adalah pemuda yang jujur dan berani. Ia membawa sebuah pot kosong dengan bibit yang tidak tumbuh. Untuk itulah aku memilihnya sebagai penggantiku.
Ingatlah wahai rakyatku, saat kau menanam sebuah kejujuran, maka kau akan menuai kepercayaan.
Ibaratnya sebuah pepatah kuno, Kita menuai apa yang telah kita tanam.
Saat kau menanam kebaikan, 
maka kau akan menuai persahabatan.
Saat kau menanam kerendahan hati
kau akan menuai kebaikan hati sesama.
Saat kau menanam kedamaian, 
maka kau akan menuai kemenangan.
Saat kau menanam kerja keras
kau akan menuai kesuksesan.
Saat kau menanam kesabaran
maka kau akan menuai hasil berlebihan.
Saat kau menanam keyakinan, kau akan mendapatkan sebuah keajaiban...

Sebaliknya, 
Apabila seseorang menanamkan ketidakjujuran, maka ia tak akan dipercaya.
Saat ia menanam keegoisan, maka ia akan kesepian.
Saat ia menanamkan gengsi, ia akan hancur sendiri.
Saat ia menanamkan kecemburuan, ia akan menuai celaka.
Saat ia menanam kemalasan, ia akan menuai kemiskinan.
Saat ia menanamkan keserakahan, ia akan menuai kekurangan.
Saat ia menanam dosa, ia akan menuai hukuman.
Semoga semuanya berbahagia.
***