Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Widyadara

Widyadara (atau juga disebut Bidadara) adalah mahluk mitos berjenis kelamin pria yang konon hidup di surga sebagai penyampai pesan suci di dunia ini.

Kata Widyadara berasal dari dua suku kata yaitu Widya + Dara/Dharya;
  • Widya artinya Cahaya kegelapan/pengetahuan, 
  • Dharya artinya memiliki atau membawa.
Jadi Widyadara adalah makhluk berwujud manusia berjenis kelamin pria yang tinggal di kahyangan atau surga dalam kepercayaan Hindu dan Buddha
Dimana tugas dan fungsi mereka disebutkan adalah menjadi penyampai pesan para dewa kepada manusia, sebagaimana para malaikat di surga. 
Dalam Agama Hindu, mereka disebut dengan nama Gandharva (dari Bahasa Sanskerta) atau gandarwa dalam lidah orang Jawa, suami dari para Apsara
Mereka luar biasa piawai dalam bermain musik.
Mereka menjaga Soma dan membuat lagu-lagu indah untuk para dewa. Gandharva berperan sebagai pengantar pesan dari dewa-dewi kepada manusia.

Sering muncul di cerita-cerita Hindu dan Buddha. Seperti :
  • Pada saat Purnana Kapat, beryogalah Bhatara Paramecwara yang diikuti oleh golongan dewa semuanya, serta golongan widyadara-widyadari, sehingga hendaknya para orang suci melakukan puja bhakti.
  • Sebagai sarana persembahyangan, penggunaan buah dan jenis-jenis makanan dijadikan rakan banten itu disebutkan dalam Lontar Yadnya Prakerti sebagai lambang Widyadara-Widyadhari dalam menyampaikan pesan suci dari kahyangan.
***