Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Makalah Upacara Ngaben di Bali

Makalah Upacara Ngaben di Bali | Tujuan dari makalah ini disebutkan adalah untuk memenuhi tugas manejemen warisan budaya dalam hal "upacara ngaben di Bali". Dalam kutipan penutupnya disampaikan bahwa upacara ngaben wajib dilandasi oleh pemikiran akan hakekat kehidupan sebagai manusia, yang berasal dari Tuhan untuk kembali kepada Tuhan. Untuk tercapainya tujuan Ngaben dengan maksimal maka telah ditentukan pula adanya hari-hari baik dalam pedewasaan atau ala ayuning dewasa.

Makalah ini disusun oleh : Atika Kurnia Putri ( A2C008002 ) Makrus Ali ( A2C008017 ) Tri Lestari Budi Rahayu (A2C008026) JURUSAN SEJARAH FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Dalam makalah tersebut juga dijelaskan pengertian dari beberapa istilah dalam pengabenan yaitu :
Berkaitan dengan penderitaan atman dalam makalah ngaben oleh dharmajayantipande disebutkan bahwa untuk tidak terlalu lama atma terhalang perginya perlu badan kasarnya diupacarai untuk mempercepat proses kembalinya, kepada sumbernya di alam, yakni Panca Mahabhuta, demikian juga sang atma perlu dibuatkan upacara untuk pergi ke alam pitra dan memutuskan keterikatannya dengan badan kasarnya. 
Proses inilah yang disebut dengan ngaben untuk mempercepat pengembalian unsur - unsur dari panca maha butha yang ada dalam diri manusia kepada asalnya atau ke sang pencipta, Ida Sang Hyang Widhi, Tuhan Yang Maha Esa.
***