Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Upeksa

Upeksa adalah sikap yang suka menghargai orang lain dan sifat yang dapat menganalisa serta membedakan perbuatan yang benar dan salah ataupun baik dan buruk dalam hidup ini yang berdasarkan atas :
    Menumbuhkan sikap adanya saling pengertian antar sesama, dan menghargai perbedaan (rwa bhineda) dengan keharmonisan hidup yang berlandaskan Tri Hita Karana disebutkan dapat menyiratkan gambaran hidup manusia di dunia yang bertujuan untuk dapat saling menghargai perbedaan yang ada.
    Inilah pentingnya dalam menghargai antar sesama yang sebenarnya merupakan ciri khas kebudayaan Bangsa Indonesia seperti dengan melakukan kegiatan gotong royong di bidang sosial kemasyarakatan yang juga dapat melibatkan sekaa teruna teruni untuk dapat menumbuhkan hubungan harmonis sebagai rasa cinta terhadap budaya sendiri yang harus ditanamkan dari sejak kecil. 

    ***
    Perbedaan dan keanekaragaman itu
    pasti selalu ada semasih kita hidup di dunia ini. 
    ***
    Indonesia sebagai bagian dari dunia global, sepatutnya disebutkan dalam berita PosBali, Belajarlah ke Bali Menghargai Orang!, menerima kebinekaan dunia itu sendiri. seperti kontes berbagai budaya dunia pasti akan terus ada di masa mendatang. Dari kontes anjing sampai kontes orang cantik!
    • Bagaimana jika suatu saat di Bali diadakan lomba pakaian Arab? Bali pasti tidak menolak. 
    • Apalagi di Bali sejak zaman dulu, sudah banyak orang Arab, menjadi bagian dari warga Desa Pekraman dan ikut membangun Bali.
    Benar-benar masyarakat Bali sangat toleran – dan yang paling penting — menghargai kebhinekaan yang merupakan kekuatan kita bersama.
    ***