Aja Were

Alam halus Bwah Loka

Alam halus Bwah ("Alam Halus Bvah Loka"; atau disingkat "Alam Baka") adalah alam tempat jiwa-jiwa (atman) antre;
Alam ini disebutkan masih merupakan lapisan dari alam bwah Loka sebagaimana disebutkan dalam kutipan Tri Loka dimana Alam halus bvah loka ini ditemui setelah melewati alam mrtya loka dimana titi ugal agil itu berada.
Dalam artian punya kesempatan besar untuk lahir sebagai manusia, mengalami evolusi bathin dan naik tingkat lagi. 
Karena sekali masuk ke bhur loka (alam neraka), besar kemungkinan sang jiwa akan terperosok disana untuk jangka waktu yang sangat lama. Antara ribuan tahun, jutaan tahun, milyaran tahun atau bahkan terjebak selamanya disana sampai maha pralaya (kehancuran alam semesta).
Lapisan badan yang dipakai di alam ini adalah sukshma sarira. Di alam halus Bvah Loka ini keadaannya cukup mirip dengan di bumi. 
  • Kita mengalami kerinduan akan keinginan-keinginan duniawi, serta mengalami kesedihan dan kebahagiaan yang sama seperti halnya di bumi. 
  • Sehingga kadang jiwa-jiwa yang mendiami lapisan alam ini tidak sabar dan mencoba melakukan kontak dengan dunia material,
    • melalui mimpi seseorang, 
    • melalui perjalanan lintas dimensi, dll. 
Hal ini sebenarnya aktifitas yang sangat berbahaya bagi sang jiwa sendiri, karena dengan demikian jiwa-jiwa gelap (ashura) yang menguasai neraka bisa memanfaatkan sang jiwa atau bahkan menariknya ke alam Bhur Loka.
Jangka waktu rata-rata (kebanyakan) untuk reinkarnasi kembali berkisar antara 50 sampai 400 tahun.
Tapi bisa lebih cepat atau lebih lambat, penyebabnya adalah sang jiwa harus antre dan sang jiwa hanya dapat lahir kembali ketika ada moment dan tempat yang tepat untuk lahir kembali sesuai putaran karma wasana sendiri.
***