Tahukah Anda ? Yasa kerti lan bhakti... memargi antuk manah suci.

Kalender Bali Digital

Kalender Bali Digital merupakan salah satu referensi dari istilah, pengertian dan makna hari raya dan upacara yadnya umat Hindu ini. Dalam rujukan referensi ini, anda dapat menyesuaikan dengan hari, tanggal, wuku dll yang telah disediakan http://www.kalenderbali.org pada halaman tersebut.

Sebagai tambahan, kalender bali umumnya terdiri atas beberapa bagian penting, diantaranya;
  1. Bagian kepala; yang berisi Nama Bulan dan Tahun (seperti normalnya kalender internasional)
  2. Badannya; berisikan tanggalan (seperti kalender internasional) dan beberapa tanda, diantaranya; Titik merah artinya Bulan Purnama, Titik Hitam artinya Bulan Tilem/Mati; lingkaran merah artinya hari raya besar agama hindu dan tanggal merah untuk hari libur nasional.
  3. Bagian lengan kanan; berisikan daftar istilah wariga berdasarkan tanggal, yang berisikan juga keterangan hari-hari baik melakukan kegiatan/usaha/yadnya.
  4. Bagian lengan kiri; berisikan nama-nama hari
  5. Bagian kaki; berisikan daftar hari raya agama, daftar piodalan/upacara pura-pura besar di bali serta beberapa hari baik lainya.
Dengan adanya kalender bali tersebut, orang bali tidak akan susah untuk menentukan hari baik berdasarkan wariga dan dewasa ayu. tetapi apabila ingin mempelajari secara manual, tentu ada rumus baku untuk wariga kalender Bali tersebut. Demikian dijelaskan dalam dokumen cara memilih dewasa ayu, forum diskusi jaringan hindu nusantara. 
***