Aja Were

Lontar Aji Pengiwa Sampurna

Lontar Aji Pengiwa Sampurna adalah pasuryan pangiwa yang berisikan mantera dan barang siapa ingin mempelajari aji pengiwa ini yang mula-mula harus - gelaraken ring sarira
Teks bersifat rahasia, angker, tenget, aja wera, tidak boleh dibicarakan sembarangan. Maka dia hanya berkembang dari mulut ke mulut, dari pribadi ke pribadi itu pun secara rahasia pula.
Dikutip dari lontar aji pengiwa milik Geria Bangket Sidemen Karangasem dalam Global Dewata diceritakan :
Tersebutlah dalam kisah bahwa sebelum Mpu Peradah meninggalkan Dirah menuju ke Puri Kediri, untuk menjabat sebagai bagawanta di Puri Kediri. Beliau masih sempat mewarisi lontar aji pengiwa ini kepada Mpu Bahula:
“Anakku Bahula, walaupun ratu leak sejagat ibu mertuamu sudah tiada, namun selama dihati manusia masih ada rasa iri, dengki, sombong dan angkuh, serakah, tamak, momo angkara, maka selama itu pula ajaran ilmu pengeleakan akan tetap ada. 
Karena itu,
Kuwariskan ajaran leak sari ini kepadamu. Ajaran ini berasal dari lontar aji pengiwa milik mertuamu, tapi sudah aku luruskan, sudah aku sempurnakan".
Inilah ajaran Pengiwa Sampurna, Siwa Nirmala. Berguna untuk mengatasi segala macam ilmu pengeleakan. 
Bila engkau sudah menguasainya wariskanlah ilmu ini kepada anak cucumu nanti, atau kepada siapa saja yang dengan sungguh-sungguh ingin mempelajarinya, tapi ingat aja wera. 
Ajarkanlah secara rahasia, jangan sekali-kali engkau pernah membuka perguruan secara terbuka untuk ilmu ini, taksunya akan hilang.
***