Mahluk Hidup

Agama Hindu percaya bahwa semua makhluk hidup itu suci sehingga harus dicintai dan dihormati.
Karena sejatinya terciptanya mahluk hidup di alam ini bersumber dari zat - zat yang berasal dari Tuhan; 
Dan kita hendaknya mensyukuri atas apa yang telah Tuhan ciptakan. 
Itulah sebagai pedoman dalam pelaksanaan upacara yadnya di Bali seperti dengan melakukan upacara meprani yang bertujuan untuk memohon kesejahteraan semua mahluk (sarwa prani) dan alam semesta ini agar tercapainya keseimbangan dan alam ini menjadi semakin stabil serta suci nirmala.

Sebagai pemeluk agama Hindu, juga dikatakan bahwa, cobalah lebih perhatian terhadap semua makhluk hidup, besar atau pun kecil.
Seperti halnya dalam menghayati Tri Kaya Parisudha, janganlah kita berpikir, berkata, dan berniat kasar (ahimsa) kepada mahluk hidup manapun. 
Dengan kata lain, cobalah untuk tidak menyakiti hati dan fisik makhluk hidup lainnya dengan perbuatan, perkataan, atau pun pikiran Anda.
Pertimbangkan untuk menjadi vegetarian. Banyak pemeluk agama Hindu, walaupun tidak semuanya, merupakan vegetarian untuk menunjukkan bahwa mereka peduli dan hormat akan kehidupan hewan.
Walaupun semua hewan dianggap sakral di agama Hindu, sapi dianggap sebagai hewan suci. Berdasarkan kisah kuno agama Hindu, sapi yang pertama, Mother Surabhi, merupakan harta karun yang tercipta dari lautan kosmis.
Demikian dikutip dari id.wikihow.com dalam memeluk agama Hindu, karena agama memberikan kita jalan untuk dapat berhubungan dengan Hyang Suci (Tuhan Yang Maha Esa), untuk berhubungan dengan diri kita sendiri (spiritualitas) dan untuk berhubungan dengan lingkungan, mahluk hidup dan alam sekitar kita.
***